blank
Ilustrasi coffe. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kopi merupakan sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan biji tanaman kopi. Kopi digolongkan ke dalam famili Rubiaceae dengan genus Coffea. Secara umum kopi hanya memiliki dua spesies yaitu Coffea arabica dan Coffea robusta.

Kopi jadi minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, serta fungsi otak.

Selain karbohidrat, protein dan sedikit lemak, kopi juga mengandung kafein, magnesium dan bahan kimia tumbuhan (seperti polifenol yang mengandung asam klorogenat dan asam kuinat, juga diterpen yang mengandung kafestol dan kahweol).

Kopi jadi salah satu jenis minuman yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Jika dipaksa minum kopi, lambung mereka akan langsung bereaksi dan gejala asam lambung akan mulai terasa. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa pencegahan.

Baca Juga: Tips Bikin Kopi Agar Matang Sempurna

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak 4 tips minum kopi yang aman bagi penderita asam lambung di bawah ini, sebagaimana dilansir dari laman Halodoc.

1. Batasi dalam mengkonsumsi kopi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah membatasi asupan minum kopi. Bagaimanapun juga, mengkonsumsi kopi dapat memicu naiknya asam lambung. Terlebih bagi kamu yang mengidap masalah lambung, lebih baik mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang sedikit dan jangan terlalu sering.

Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar kafein pada lambung. Ketika kadar kafein semakin tinggi, otot yang menghubungkan perut dengan kerongkongan akan menjadi rileks. Kondisi tersebut dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Risiko Obesitas, Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Kopi Instan Secara Berlebihan bagi Kesehatan

2. Pilihlah kopi dengan jenis arabika

Sebagai pengidap asam lambung, akan lebih bijak jika kamu memilih jenis kopi arabika. Perlu diketahui bahwa kopi jenis robusta cenderung terasa lebih pahit dan memiliki kadar kafein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kopi jenis arabika.

Dengan kata lain, memilih kopi jenis arabika adalah salah satu langkah tepat untuk mencegah kambuhnya asam lambung akibat mengkonsumsi kopi.

3. Hindari minum kopi sachet

Kamu perlu tahu bahwa kopi sachet yang banyak dijual di warung-warung adalah kopi yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Mengkonsumsi kopi tersebut tidak disarankan karena kopi tersebut diyakini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan diproduksi menggunakan kopi dengan kualitas yang kurang bagus.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias

4. Sandingkan kopi dengan biskuit

Perlu diketahui bahwa minum kopi dengan kondisi perut masih kosong setelah bangun tidur dapat memicu asam lambung. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu sarapan terlebih dahulu sebelum meminum kopi.

Namun, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa mengkonsumsi ditemani dengan biskuit. Peran biskuit adalah untuk mengisi perut yang masih kosong, sekaligus menetralisir asam pada kopi. Dengan demikian, lambung akan lebih aman, sehingga dapat mencegah terjadinya asam lambung.

Itulah 4 cara aman mengkonsumsi kopi dengan aman bagi penderita asam lambung. Semoga bermanfaat.

Claudia