blank
Wakapolres Wonogiri Kompol Andi M Akbar Mekuo (kiri depan) menyiramkan air bunga setaman kepada para anggota yang naik pangkat.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, Senin (3/7), menggelar upacara kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi bagi 41 personelnya. Ditandai dengan ritual penyiraman air bunga setaman, yang dilakukan oleh Wakapolres Wonogiri Kompol Andi M Akbar Mekuo, yang tampil menjadi inspektur upacara.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyebutkan, Ke-41 personel tersebut, terdiri atas sebanyak 40 anggota yang naik pangkat secara reguler. Terdiri atas kenaikan dari Aipda ke Aiptu sebanyak 7 orang, Bripka ke Aipda (2 orang), Brigpol ke Bripka (1 orang), Briptu ke Brigpol (4 orang), dan dari Bripda ke Briptu sebanyak 26 personel.

Kemudian satu anggota lagi naik karena pengabdian, yakni Kapolsek Manyaran AKP Wartadi yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Kompol.

Mewakili kapolres, dalam sambutannya, Wakapolres mengatakan, kenaikan pangkat merupakan penghargaan dari pimpinan Polri terhadap anggota. Yakni kepada mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian terhadap tugasnya.

Sungguh-sungguh

”Selamat dan sukses bagi seluruh personel yang naik pangkat. Perlu diingat, kenaikan pangkat bukan merupakan suatu hak atau datang secara tiba-tiba. Tapi harus diraih dan diperjuangkan secara sungguh-sungguh,” tegas Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo.

Berkaitan itu, maka diharapkan para anggota dapat memberikan pengabdian tugas melalui kinerja, kapasitas dan kualitas yang semakin matang serta profesional. Utamanya dalam menghadapi tantangan tugas yang senantiasa berkembang.

Ditambahkan, dalam setiap perubahan pangkat seorang anggota Polri, harus dimaknai itu merupakan amanah yang sangat tinggi nilainya. Mengandung pesan dan harapan begitu besar untuk mewujudkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang optimal.

Polri sebagai pejabat publik, hendaknya senantiasa dituntut agar mampu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan, serta penegakan hukum. Setiap personel harus bekerja secara proporsional, serta berupaya meningkatkan kualitas diri sesuai dengan pangkat, jabatan dan tanggung jawab yang diberikan.
Bambang Pur