blank
Seorang peserta Audisi Umum PB Djarum 2023, berswafoto dengan Melati Daeva Oktavianti. Foto: pbdjarum

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Atlet ganda campuran, Melati Daeva Oktavianti, untuk pertama kalinya ikut andil dalam Audisi Umum PB Djarum. Dia mengaku senang, karena bisa berpartisipasi pada ajang pencarian bakat yang digagas PB Djarum dan Bakti Olahraga Djarum Foundation ini.

Juara All England 2020 itu berharap, kehadirannya di audisi umum di GOR Bulutangkis Jati, Kudus ini, bisa menjadi motivasi bagi para peserta. Selain itu, dia bisa menyaksikan langsung prosesnya, yang memang mencari bibit-bibit berkualitas, sebagai penerus kejayaan bulutangkis Indonesia.

”Saya support banget, agar mereka semangat dalam mencapai cita-citanya. Terus berjuang, jangan gampang menyerah dan junjung tinggi sportivitas,” kata Melati, seperti dikutip dari laman djarumbadminton.com, Minggu (2/7/2023).

BACA JUGA: Presiden Beri Bonus Rp 525 Juta bagi Peraih Medali Emas ASEAN Para Games 2023

Melati bersama tandemnya Praveen Jordan, saat ini berada di Kudus, dan turut hadir dalam acara ‘Meet and Greet’, dengan sejumlah atlet PB Djarum lainnya, seperti Dejan Ferdinansyah, Gloria Emanuelle Widjaja, Tontowi Ahmad dan Vita Marissa.

Pada tahun ini, audisi umum berlangsung 2-6 Juli di Kudus, dan menyasar dua kelompok usia putera dan Puteri, yakni U-11 (8–10 tahun), serta U-13 (11–12 tahun). Hingga Jumat (30/6/2023) petang, sebanyak 2.220 pebulutangkis telah mendaftarkan diri untuk mengikuti proses seleksi.

Mereka datang dari berbagai daerah di Tanah Air, seperti Aceh sebanyak sembilan peserta, Jawa Tengah (1.063 peserta), Jawa Barat (300), Jawa Timur (233), Bali (15), Sumatera (76), Kalimantan (77), Sulawesi (76), dan Papua (30).

BACA JUGA: Muhammad Jibril Ikuti Dua Seri Lagi untuk Pastikan Lolos PON 2024

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin mengatakan, Audisi Umum PB Djarum 2023 yang mengangkat tema ‘Teruskan Semangat Juara’, diselenggarakan dengan tujuan menjaga mata rantai pembinaan talenta-talenta muda berbakat, yang dilakukan sejak dini.

”Penyelenggaraan audisi umum ini, merupakan upaya PB Djarum dan Bakti Olahraga Djarum Foundation, dalam memperkuat roda ekosistem bulutangkis di Indonesia dan proses regenerasi, demi melahirkan pahlawan bulutangkis Tanah Air di masa mendatang,” jelas dia.

Untuk kategori putera, para semifinalis di kelompok usia U-11 dan U-13, akan masuk ke tahap karantina. Sedangkan di sektor putri, mereka yang berhak melaju ke tahap karantina adalah yang berhasil masuk ke babak final turnamen.

Audisi Umum PB Djarum 2023 ini diselenggarakan selama lima hari, Minggu-Kamis (2-6/7/2023). Peserta yang lolos akan menjalani fase karantina selama empat minggu, hingga akhirnya tersaring atlet-atlet yang akan mendapatkan Djarum Beasiswa Bulutangkis, dari Bakti Olahraga Djarum Foundation dan bergabung dengan PB Djarum.

Riyan