blank
Pawai obor jadi tradisi unik setiap menjelang Idul Adha di Desa Padas Kabupaten Grobogan. Foto: Dok/DD

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Desa Padas, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mempunyai tradisi unik setiap menjelang Idul Adha, yakni digelarnya pawai obor yang diikuti oleh puluhan anak-anak dari Desa Padas dan DD Volunteer Jateng pada Rabu, (28/6/2023) malam.

Semarak pawai obor juga diikuti beberapa Desa di wilayah Grobogan seperti Desa Kedung Jati hingga Jeketro.

Menurut Arif Priyanto selaku Lurah Desa Padas, kegiatan ini merupakan warisan luhur yang harus dijaga. Selain pawai obor biasanya warga bersama kelompok karawitan mengadakan pentas dengan langgam-langgam islam. “Ini merupakan perpaduan budaya yang tidak pernah putus terutama di Hari Raya Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha,” ujarnya.

“Alhamdulillah kegiatan dari pawai obor hingga karawitan selalu diikuti para pemuda-pemudi Desa Padas, hal ini dapat menumbuhkan peran mereka dalam melestarikan budaya setempat,” tambah Arif.

Selain kegiatan pawai obor dan karawitan, dalam memeriahkan Idul Adha, Desa Padas juga menjadi istimewa dengan kedatangan 95 ekor doka dan seekor sapi untuk di kurban.

“Kami berharap dengan adanya kurban di Desa Padas dapat membantu masyarakat terutama dalam pengentasan masalah kesehatan seperti asupan gizi yang kurang terutama protein hewani. Selama ini ada beberapa dukuh yang mengalami permasalahan kesehatan, salah satunya Kedung Udal yang dihuni 90 KK. Semoga dengan banyaknya hewan kurban dapat menjangkau lebih luas penerima manfaat di wilayah kami,” tutur Nur Cholis, DAI Cordofa.

Desa Padas yang terletak di perbukitan dengan jarak dari pusat kota Purwodadi kurang lebih 45 Km dan dapat di tempuh dengan waktu 2  jam. Desa Padas terdapat 1050 KK, dengan mayoritas warga bermata pencaharian adalah petani.

Desa yang diapit perbukitan serta hutan jati ini mempunyai banyak situs-situs sejarah bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, mulai dari Masjid Al Musyawaroh yang berdiri sejak tahun 1822, Stasiun Padas +42 M, Tugu Pancasila dan Sendang.

Ning S