blank
Pj. Bupati Jepara Edy Surpiyanta didampingi Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat, Plt. Camat Kalinyamatan Karnanejeng Saptwagus,saat membuka acara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada cara unik yang dilakukan oleh masyarakat Desa Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan Jepara dalam menyambut malam Idul Adha. Mereka menggelar Festival Oncor yang diikuti oleh warga desa Bandungrejo dari berbagai umur pada Rabu (28/06/2023) malam. Tujuannya merawat kearifan lokal dengan budaya yang ada di desa tersebut.

Festival Oncor Kalinyamatan dimulai dengan pemotongan pita oleh Pj. Bupati Jepara Edy Surpiyanta yang didampingi oleh Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat, Plt. Camat Kalinyamatan Karnanejeng Saptwagus, Plt. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekda Jepara Yeni Yahya Hasan Ahmad Shofi, Petinggi Desa Bandungrejo Suratmin serta s tokoh agama setempat.

Menurut Petinggi Desa Bandungrejo Suratmin, Festival Oncor kali ini diikuti kurang lebih 500 peserta dari 17 Dukuh di Desa Bandungrejo. “Dengan berbagai model dan kreativitas yang dibuat oleh anak muda di sana, festival oncor berhasil menarik perhatian ribuan masyarakat sekitar,” ujarnya

“Festival Oncor ini untuk menyambut Hari Raya Iduladha, sekaligus sebagai cara kami untuk mensyiarkan agama Islam ke masyarakat dengan kumandang takbir. Juga merupakan bentuk kegotong royongan warga,” kata Suratmin.

Sementara itu Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta memberi apresiasi atas terselengaranya festival oncor dimalam Idul Adha. Ia menilai kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk mempertahankan budaya lokal bernuansa Islami yang ada di Jepara.

Edy Supriyanta berharap, dengan festival oncor Kalinyamatan tahun 2023 bisa menjadi penerang untuk msyarakat Jepara lebih baik, berkah dan lebih aman.
Apresiasi terhadap kreatifitas masyarakat dan pemdes Bandungrejo juga diberikan oleh Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat. “Kami sangat mendukung agar semua desa di Jepara memperkuat kearifan lokalnya. Sebab ini berkaitan dengan jati diri kita,” ujarnya

Hadepe – Kmf – By