blank
Miftakul Azis Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Kuliah Tamu “Sertifikasi Profesi Memperkuat Kualitas Relevansi. Foto: Humas UKSW

SALTIGA (SUARABARU.ID) – Miftakul Azis Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Kuliah Tamu “Sertifikasi Profesi : Memperkuat Kualitas Relevansi Lulusan dengan Dunia Kerja” di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Selasa (27/06/2023), di Ruang Probowinoto.

Dalam uliah tamu yang diikuti puluhan mahasiswa dan dosen lintas fakultas di UKSW ini, Miftakul Azis, menyampaikan ekosistem pasar bebas yang salah satunya tercermin dari pasar bebas tenaga kerja membuat daya saing dan kompetensi menjadi hal yang penting.

“Tenaga kerja harus mempunyai kompetensi dan bukti kompetensi untuk bisa memiliki daya saing dan bebas keluar masuk antarnegara,” kata Miftakul.

Dikatakan, kompetensi menjadi barang penting kalau kita mau masuk ke pasar dunia kerja saat ini. “Karena itulah ada lembaga sertifikasi untuk mensertifikasi kompetensi sebuah profesi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Miftakul Azis juga memaparkan dua peran dan fungsi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pada pendidikan, yaitu sebagai penjaminan mutu pelaksanaan pendidikan dan juga untuk melaksanakan penelusuran alumni.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D. (AFHEA)., dalam sambutannya ketika membuka secara resmi kegiatan ini.

Disampaikannya, dengan perubahan yang begitu cepat saat ini, perguruan tinggi pun juga harus bergerak cepat untuk mengimbanginya. Yang dapat dilakukan antara lain meng-update kurikulum dan juga menyiapkan lulusan agar dapat menjawab kebutuhan pasar. Disinilah peran LSP diperlukan.

Bentuk LSP UKSW

Kuliah tamu hasil kerja kolaborasi antara Direktorat Kealumnian dan Karir (DKK) dengan Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Talenta (DITA) ini dirangkai dengan kegiatan “Workshop Pembentukan LSP UKSW”.

blank
Peserta kegiatan Kuliah Tamu “Sertifikasi Profesi Memperkuat Kualitas Relevansi Lulusan dengan Dunia Kerja” di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Selasa (27062023). Fto: Humas UKSW

Workshop yang diikuti dosen dan tenaga kependidikan yang menjadi anggota Satuan Tugas Pembentukan LSP UKSW ini diadakan untuk melihat prosedur pendirian LSP dengan narasumber master asesor BNSP.

Direktur DKK UKSW Dra. Lina Sinatra Wijaya, M.A., mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dari rencana UKSW mendirikan LSP. Disampaikannya, tuntutan pasar kerja saat ini semakin kompleks dan persaingannya semakin ketat.

Untuk menghadapinya  penting bagi lulusan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sertifikasi profesi yang relevan dengan kebutuhan kerja. Sertifikasi profesi tidak hanya memberikan pengakuan atas keahlian yang dimiliki, tetapi juga menjadi jaminan bagi perusahaan bahwa lulusan memiliki kualifikasi yang diperlukan.

“Oleh karena itu UKSW sebagai salah satu lembaga pendidikan berupaya mendirikan LSP yang nantinya akan dipergunakan untuk meningkatkan relevansi lulusan dengan dunia kerja,” tandasnya.

Ditambahkan Direktur DITA Dr. Yustina Ertie Pravitasmara Dewi, S.E., M.M., rencana pembentukan LSP UKSW ini merupakan bagian dari penjaminan mutu yang dilakukan UKSW secara terus menerus, termasuk penjaminan mutu lulusan untuk menyatakan kepada masyarakat bahwa lulusan UKSW diterima dunia industri.

“Nantinya dibuktikan dengan sertifikasi kompetensi yang akan dikeluarkan oleh Lembaga sertifikasi UKSW yang independen dan harapannya menjadi kepanjangan BNSP,” lanjutnya.

UKSW-wied