blank
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) foto bersama Kampanye dengan tema ”Memperkuat Personal Branding Melalui Public Speaking” di Kelurahan Kembangsari Semarang pada 25 Juni 2023.(foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar Kampanye dengan tema ”Memperkuat Personal Branding Melalui Public Speaking” di Kelurahan Kembangsari Semarang pada 25 Juni 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Auriel Maharani, Demetrius Hurricane, Eza Putri, Khalista Dhia, Nurul Ummi, Nurul Wahida, Rosalinda Firdaus, Ruli Aditya, Stefanus Reo, Wanodya Waridewi, dan Winata Nurul.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber Dosen Ilkom USM Sinta Pramucitra dan Mahasiswi Ilkom USM Eza Putri Novitasari. Turut hadir Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi USM, Ami Saptiyono SIKom MIKom.

Salah satu tim PkM, Rosalinda Firdaus mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan dalam mengembangkan citra diri yang kuat melalui public speaking.

Dalam kesempatan itu, mahasiswi ilkom USM Eza Putri Novitasari berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada peserta mengenai pentingnya memiliki citra diri yang positif dan cara efektif dalam berkomunikasi di depan publik.

Sementara itu, praktisi public speaking sekaligus dosen Ilkom USM, Sinta Pramucitra menyampaikan tentang pentingnya membangun citra diri yang konsisten dan autentik. Ia membagikan strategi untuk mengenali keunikan diri, mengelola reputasi pribadi, serta memanfaatkan keahlian dan minat pribadi sebagai dasar untuk membangun personal brand yang kuat.

Ketua Karang Taruna Kembangsari, Aulia Annisa mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini dengan tujuan memberdayakan anggota Karang Taruna Kembangsari dengan keterampilan personal branding dan public speaking yang sangat berharga dalam dunia profesional maupun di lingkungan sosial.

“Kami berharap, acara ini dapat menginspirasi dan memberikan wawasan baru kepada peserta untuk meningkatkan kualitas diri mereka sendiri. Selama acara, peserta aktif terlibat dalam sesi diskusi tanya jawab dan berbagi pengalaman mereka,” katanya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mereka belajar tentang bagaimana menjadi public speaker yang andal dengan menggunakan teknik public speaking yang kuat untuk memperkuat personal branding. Para peserta juga diajak untuk menghadapi tantangan dalam berbicara di depan umum melalui sesi praktik,” tandasnya.

Muhaimin