blank
Guru Tata Busana di SMK yang ada di Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Walaupun peluang untuk bekerja di industri garmen di Jepara terbuka luas, namun guru tata busana SMK di Jepara tidak ingin semua siswa yang dididiknya bekerja di pabrik. Kami berharap, muncul wirausaha muda yang mampu bekerja mandiri dibidang tata busana.

Hal tersebut diungkapkan Ketua MGMP Tata Busana SMK Provinsi Jawa Tengah Indria Mustika saat melakukan desiminasi Penyusunan Perangkat Pembelajaran berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar untuk fase F yang diperuntukkan kelas XI dan XII. Modul ini disesuaikan dengan kearifan lokal sekolah dan wilayah masing-masing.

Acara yang diikuti oleh 33 orang guru Tata Busana di Kabupaten Jepara ini berlangsung Senin (26/6-2026) di SMK Al Hikmah Mayong. Bersamaan dengan itu diselenggarakan juga penyusunan program kerja serta struktur organisasi MGMP Tata Busana SMK Kabupaten Jepara menyusul telah dilakukannya reorganisasi beberapa waktu yang lalu.

Karena itu, Indria Mustika menjelaskan melalui penyusunan perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat .meningkatnya kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru produktif dengan menghasilkan perangkat pembelajaran yang mampu menjawab tantangan masa depan.

“Bukan hanya agar anak nantinya dapat diantarkan memiliki kompetensi yang diperlukan di dunia industri, tetapi juga memiliki semangat dan keberanian untuk berwirausaha,” ujarnya.

Sementara Ketua MGMP Tata Busana SMK Kabupaten Jepara Nur Aini menjelaskan untuk masa bakti 2023 – 2025 kepengurusan MGMP Tata Busana meliputi sekretaris Sulistyo Rahayu ( SMK Muhammadiyah 1 Keling) dan bendahara Hera Puspitorini( SMKN 2 Jepara).

Adapun program kerja yang direncanakan diantaranya adalah pengembangan profesionalisme guru melalui kegiatan workshop, study banding serta mengikuti lomba fashion show bagi siswa dan membuat modul atau LKS . “Saat ini di Jepara terdapat 11 SMK yang memiliki jurusan tata busana dengan 33 guru tata busana,” tambah Nur Aini

Dalam pertemuan ini juga dibahas tentang pembuatan modul atau LKS, pelatihan pembutan ecoprint, selain itu diputuskan bersama bahwa SMKN 2 Jepara akan mewakili Kabupaten Jepara dalam lomba fashion show tingkat Jawa Tengah yang akan digelar di Kabupaten Brebes.

Hadepe