blank
Para juara foto bersama seusai menerima penghargaan dalam KRI Nasional 2023 di USM. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 Tingkat Nasional yang diselenggarkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) bekerja sama dengan Universitas Semarang (USM) telah selesai dengan ditandai Penutupan KRI 2023 di Gelora Prof Sudarto USM pada 26 Juni 2023).

Terdapat tujuh divisi yang diperlombakan dalam KRI 2023 di antaranya Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI—B), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) serta Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Dalam sambutannya, Rektor USM Dr Supari ST MT yang diwakili Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, USM memiliki kewajiban ikut mengembangkan artificial intelegent.

”Kami menyadari bahwa pada saat-saat ini USM memiliki kewajiban ikut mengembangkan artificial intelegent yang sangat penting dalam mendorong kemajuan zaman yang kompleks dan penuh dinamika serta kompetisi, juga harus diiringi iman dan taqwa sehingga pemanfaatannya untuk kesejahteraan sebaik-baiknya bagi masyarakat Indonesia seperti yang disampaikan Dewan Penyantun kami dan Menko Polhukam RI Prof Mahfud MD,” katanya.

Kegiatan itu dihadiri Kepala BPTI Puspresnas Kemdikbud Ristek RI Asep Sukmayadi SIP MSi, Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin SSos Med PhD, Koordinator Bidang Sains, Riset, Inovasi, Vokasi dan Kewirausahaan Setiawan Witaradya MA Ketua Dewan Juri KRI 2023 Prof Dr Eng Drs Benyamin Kusumoputro MEng beserta jajaran, para Wakil Rektor USM dan Ketua LPPM USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT.

Hadir pula Ketua Panitia KRI 2023 Dr H Andi Kurniawan Nugroho ST MT, pimpinan atau perwakilan perguran tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia, para Dekan Fakultas USM, peserta hingga suporter KRI 2023.

Junaidi berpesan, peserta KRI 2023 terus mengembangkan dan memanfaatkan karyanya guna kepentingan yang lebih terarah dan terukur. Dia berharap Dikti memberikan kesempatan pada USM untuk terus memberikan kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa.

”Kami pesan para peserta KRI 2023 terus mengembangkannya dan memanfaatkan guna kepentingan yang lebih terarah dan terukur serta menjadikan Indonesia lebih baik dimasa yang akan datang. Pada kesempatan kali ini, kami mengapresiasi Kemendikbud Ristek yang telah memberikan kepercayaan sebagai tuan rumah dalam ajang KRI 2023. Kami berharap, Dikti untuk memberikan kesempatan pada USM untuk terus memberikan kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa dan menyiapkan generasi emas 2045,” ungkapnya.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin SSos Med PhD dalam sambutannya mengucapkan terima kasih bagi semua pihak mulai dari USM atas kolaborasi yang sangat baik dan telah sukses menjadi tuan rumah KRI 2023 Tingkat Wilayah dan Nasional, para juri, wasit hingga peserta KRI 2023 yang menunjukkan keberaniannya dalam menghadapi tantangan.

”Keberhasilan KRI ini tentu merupakan refleksi dari dedikasi, komitmen serta kerja keras semua pihak sehingga terlaksana dengan sukses dan suportif. Saya juga mengapresiasi dan rasa bangga untuk peserta KRI bahwa keberanian yang ditunjukkan dalam menghadapi tantangan, kerja sama tim, ketekunan, dan suportivitas, yang terpancar dari setiap langkah peserta sungguh menginspirasi kita,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, kemenangan tidak menjadi satu-satunya tujuan dan kegagalan tidak menjadi akhir perjalanan karena hal ini merupakan bagian dari keberhasilan yang tertunda. Tatang berpesan, para peserta baik pemenang maupun yang belum berhasil untuk tetap berjuang dan menjadi inspirasi serta contoh bagi generasi muda Indonesia yang tertarik dalam bidang robotica.

KRI 2023 ditutup secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin SSos Med PhD didampingi Kepala BPTI Puspresnas Kemdikbud Ristek RI Asep Sukmayadi SIP MSi dan Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Muhaimin