blank
Ketua LFNU Jepara, Hudi S.H.I.,M.S.I. bersama dengan para kader falak.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Jepara menggelar pelatihan kader falak untuk Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) zona selatan.

Pelatihan yang digelar pada Minggu, (25/6/2023) di Pondok Pesantren Zhilalul Qur’an Raguklampitan Batealit ini meliputi MWCNU Kecamatan Jepara kota, Tahunan, Batealit, Pecangaan, Kedung, Kalinyamatan, Welahan, Mayong dan Nalumsari.

blank
Pelatihan Kader Falak di Pondok Pesantren Zhilalul Qur’an Raguklampitan Batealit.

Materi pelatihan yang disampaikan oleh  Hudi, S.H.I.,M.S.I. yang juga sebagai Ketua LFNU Jepara meliputi penghitungan awal bulan Hijriyah dengan metode hisab dalam kitab Syamsul Hilal juz 2 karya Mbah KH Nur Ahmad SS Kriyan Kalinyamatan, Jepara.

“Hal ini bertujuan untuk menyambungkan sanad keilmuan sebagaimana tradisi para santri kepada gurunya. Mbah Kiai Nur Ahmad merupakan guru saya dalam bidang ilmu falak. Saya berharap keberkahan beliau (Kiai Nur Ahmad) selalu menyertai para kader falak”, kata Hudi.

“Sanad keilmuan dalam tradisi NU harus jelas, maka dari itu saya mengambil referensi dari Kitab Syamsul Hilal juz 2 karya Mbah KH Nur Ahmad, yang diajarkan langsung kepada saya”, lanjut Hudi, yang juga salah satu dosen di Unisnu Jepara.

Materi di awali dengan penyampain rumus-rumus hitungan sebagaimana contoh menghitung awal bulan Dzulhijjah 1403 untuk mengetahui hari jam Ijtima’ (konjungsi), ketinggian hilal pada waktu terbenam Matahari, lama hilal diatas ufuk, dan lebar cahaya hilal. Pada sesi  berikutnya semua peserta diberi tugas menghitung dengan awal bulan yang berbeda secara berkelompok.

Pada sesi terakhir, semua peserta akan menjadi pengurus lembaga Falakiyah di tingkat masing-masing MWCNU, dengan langsung pemilihan sebagai ketua, sekretaris dan anggotanya. Draf pengurus LF MWCNU akan segera diajakan kepada pengurus MWCNU untuk bisa dilanjuti dengan memberi SK.

Adapun untuk pematangan keilmuan, PC LFNU akan mengadakan pembelajaran materi-materi tentang Ilmu falak secara rutin 2 minggu sekali pada hari Sabtu, yang bisa dikuti semua masyarakat Jepara khususnya kader falak.

Pada pelatihan kali ini untuk MWCNU Zona  selatan yang belum mengirimkan delegasinya, akan dimohon untuk mengirimkan delegasi pada pelatihan kader Falak untuk MWC NU Zona Utara yang akan diadakan besok hari Sabtu tanggal 8 Juli 2023. Sehingga secara lengkap dari semua wilayah kabupaten Jepara terdapat kader falak dan lembaga Falakiyah di tingkat MWCNU.

ua/lfnu