Masing masing perwakilan memegang DPT, usai Rapat pleno terbuka pada Selasa, 20 Juni 2023, di Gedung PKPRI Jl. Halmahera Blora, rekapitulasi dan penetapan DPT dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Blora beserta Anggota. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 Kabupaten Blora, jumlah pemilih yakni 704.285 pemilih, ditetapkan dalam rapat pleno terbuka pada Selasa, 20 Juni 2023, di Gedung PKPRI Jl. Halmahera Blora, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Blora beserta Anggota.

Hadir dalam rapat pleno terbuka tersebut, perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora, Bupati Blora, Kodim 0721/Blora, Rutan Blora, Polres Blora, Bawaslu Blora, Partai Politik di Kabupaten Blora, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Blora.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Blora, Mohamad Khamdun, S.Pd.I., mengatakan bahwa jumlah pemilih pada Pemilu 2024 adalah 704.285 pemilih, meliputi pemilih laki – laki 349.413 pemilih dan pemilih perempuan 354.872 pemilih.

Forkopimda Blora ikuti Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Blora beserta Anggota, pada Selasa, 20 Juni 2023, di Gedung PKPRI Jl. Halmahera Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

“Jangan lupa cek namamu di https://cekdptonline.kpu.go.id/,” kata Mohamad Khamdun kepada media ini, yang ditujukan kepada warga Kabupaten Blora. Kamis, (22/6/2023).

Jumlah Kecamatan, lanjut Hamdun, ada 16, jumlah desa/kelurahan ada 295 sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Blora adalah 2.977 TPS.

“Saat warga masuk di cekdptonline.kpu.go.id akan tertera dimana TPS-nya sudah disebutkan juga, nama pemilih dan NIK,” tandas Mohamad Khamdun.

Pada kesempatan yang berbeda, warga Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora, Ny. Sri Hartati mencoba cek namanya secara online apakah sudah terdaftar atau tidak terdaftar, di cekdptonline.kpu.go.id

“Benar, nama saya tercantum, beserta NIK, nomor KK dan TPS-nya, senanglah mas bisa ikut coblos,” ujar Ny. Sri Hartati, sambil tersipu tersenyum simpul.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Blora, Mohamad Khamdun, S.Pd.I., jelaskan jumlah pemilih pada Pemilu 2024, usai rekapitulasi dan penetapan DPT.
Foto: Kudnadi Saputro Blora

Untuk diketahui, dalam cekdptonline.kpu.go.id yakni ada Nama Pemilih; Nomor Induk Kependudukan; Nomor Kartu Keluarga; dan Tempat Pemungutan Suara; sedangkan pada baris keterangan menyebutkan, antara lain Nomor Passport untuk Pemilih Luar Negeri; Anda dapat melakukan koreksi apabila menemukan NIK yang terdaftar 2x atau lebih; dan apabila belum terdaftar, anda dapat mendaftar melalui laporpemilih.kpu.go.id tapi untuk sementara belum bisa mungkin ada kendala, namun kalau di klik dengan androit ada jawaban ‘Mohon maaf periode pendaftaran lewat laporpemilih telah selesai.’ menurut keterangan via sambungan selular Komisioner KPU Blora, hal itu mungkin masih dalam perbaikan KPU RI.

Nah, apabila tidak terdaftar Anda bisa menghubungi langsung ke Kantor KPU terdekat ya, untuk memastikan sekaligus meminta dicantumkan ke daftar pemilih tetap jika memang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

(Kudnadi Saputro)