blank
Ilustrasi susah BAB. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu mengalami susah buang air besar (BAB)? Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu bisa mengatasinya menggunakan obat herbal.

Melansir dari Halodoc.com, kesulitan BAB dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Selain perut terasa kencang dan penuh, sembelit atau konstipasi juga menyebabkan sejumlah gejala lain, seperti nyeri pada perut hingga feses sangat keras dan kering.

Kondisi ini sebenarnya bisa kamu atasi menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Namun, sebagian orang khawatir akan efek samping yang timbul akibat penggunaan obat tersebut. Sebaiknya gunakan perawatan alami yang bisa membantu kamu untuk melancarkan BAB.

Sebaiknya jangan abaikan jika kamu susah BAB. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat memicu gangguan kesehatan pencernaan yang lebih buruk. BAB yang tidak lancar dapat meningkatkan risiko pembengkakan pembuluh darah pada anus.

Kondisi ini juga bisa memicu penyakit wasir. Bahkan, sembelit yang kronis memicu penumpukan kotoran pada usus sehingga menyebabkan gangguan kesehatan pada usus. Untuk itu, segera atasi sembelit yang kamu alami menggunakan berbagai obat-obatan herbal dan alami yang aman untuk kesehatan.

Ada beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk melancarkan BAB, apa saja? Simak yuk!

1. Air putih
Selain mudah mendapatkannya, air putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari mampu melancarkan BAB.

Pengkonsumsian air putih membuat feses dalam usus menjadi lebih lembut dan lunak. Hal ini membuat feses menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan. Pastikan kamu mengetahui jumlah air putih yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai dengan usia hingga aktivitas yang kamu lakukan.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, hingga kale menjadi makanan kaya serat yang bisa membantu kamu melancarkan BAB. Mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari membuat jumlah dan berat feses meningkat, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Teh jahe
Banyak orang yang menggunakan teh jahe sebagai obat herbal untuk mengatasi mual. Padahal, teh jahe juga bisa digunakan sebagai obat melancarkan BAB.

Kandungan jahe bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan setelah kamu mengkonsumsi makanan berat. Cobalah untuk mengkonsumsi satu gelas teh jahe setelah makan, maka kebiasaan ini dapat membantu tubuh dalam memproses makanan dan melancarkan BAB.

4. Teh peppermint
Teh peppermint adalah salah satu minuman herbal yang banyak dikenal masyarakat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Efek menenangkan dari peppermint membuat nyeri perut akibat sembelit dapat berkurang.

Bahkan, mengkonsumsi satu gelas teh peppermint setiap pagi membantu kamu melancarkan BAB.

5. Peterseli
Peterseli atau parsley adalah salah satu tanaman herbal yang bisa kamu gunakan sebagai obat melancarkan BAB. Kamu bisa mencampurkan peterseli pada makanan, seperti sup atau salad.

Bahkan, peterseli yang sudah dibersihkan bisa dikonsumsi secara langsung. Namun, cara ini dapat menyebabkan efek samping seperti bau mulut.

Selain penggunaan obat herbal, kamu juga bisa melakukan berbagai hal lainnya untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan berolahraga. Olahraga secara rutin bisa membantu kamu melancarkan BAB karena membantu pergerakan feses dalam usus untuk dikeluarkan.

Namun, jika penggunaan obat herbal tidak membuat kondisi kesehatanmu membaik, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat.

Ning S