blank
ADEGAN - Salah satu adegan saat tersangka akan membawa kabur motor korban. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Polres Tegal Kota menggelar rekonstruksi kasus penemuan mayat yang terbungkus karung
Selasa (20/6/2023). Tersangka Muhamad Jery Agung (25) memperagakan 38 adegan dalam reka ulang atau rekonstruksi kasus pembunuhan sosok laki-laki yang terjadi beberapa waktu lalu di Jalan Duku, Tegal Barat, Kota Tegal.

Kasat Reskrim Polres Tegal Kota, AKP Darwan menjelaskan, dalam rekonstruksi tersangka memperagakan 38 adegan. Mulai dari menjemput korban hingga tersangka kabur membawa sepeda motor usai melakukan pembunuhan. “Rekonstruksi baru bisa kita lakukan setelah 56 hari dari penemuan mayat. Hal ini terkendala karena harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium forensik,” kata Kasat Reskrim.

Setelah rekonstruksi, lanjut Kasat Reskrim, pihaknya akan segera melengkapi berkas untuk selanjutnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Tegal. Kasat Reskrim menambahkan, pada rekonstruksi pihaknya juga mengundang pengacara dari tersangka dan juga dari pihak Kejaksaan Negeri.

“Dalam kegiatan rekontruksi kasus ini, pengacara dari pihak tersangka dan dari pihak Kejaksaan Kota Tegal juga turut hadir untuk menyaksikan secara langsung,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Kota Tegal Priyo Sayogo SH mengatakan, pihak Kepolisian melakukan rekonstruksi tersebut untuk menguatkan pembuktian terhadap pasal yang disangkakan.

“Apakah pasal-pasal yang disangkakan sudah sesuai dengan tindak pidana yang diperbuat oleh tersangka. Dan juga untuk menguatkan pembuktian kami saat di persidangan nanti,” jelas Priyo Sayogo.

Pasal yang disangkakan terhadap pelaku dalam berkas, yakni pasal 356 Ayat 3 KUHPidana dan yang dialternatifkan yaitu pasal 339 KUHPidana.

Sutrisno