blank
PELATIHAN - BLK Kota Pekalongan mengadakan pelatihan untuk menurunkan angka pengangguran. (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Pekalongan melalui UPTD BLK Dinperinaker Kota Pekalongan terus berupaya menurunkan angka pengangguran dengan meningkatkan kompetensi masyarakat melalui kegiatan pelatihan-pelatihan. Pendaftaran Pelatihan Berbasis Kompetensi APBN Tahun 2023 untuk Angkatan II ini dibuka sampai 29 Juni.

Hal ini diungkapkan Kepala UPTD BLK Kota Pekalongan, Helmy Hendarsah saat dikonfirmasi melalui telepon beberapa waktu lalu. “BLK Kota Pekalongan membuka kesempatan yang besar bagi masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya untuk memanfaatkan kegiatan pelatihan ini. Untuk pelatihan APBN ini tidak dibatasi untuk masyarakat Kota Pekalongan, luar Kota Pekalongan juga bisa mendaftar,” terang Helmy.

Disebutkan Helmy, pendaftaran dibuka sampai 29 Juni, seleksi tes pada 3 Juli, dan pelatihan dimulai 10 Juli sampai selesai. Dijelaskan Helmy ada tujuh jurusan berbasis kompetensi yang dibuka yakni Pembuatan Roti dan Kue, Fillet Welder SMAW 2F/PB, Housekeeping, Pemeliharaan dan Perbaikan AC, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, Desainer Grafis Muda, dan Penggambaran Model 3D dengan Autocad.

“Pendaftaraan dilakukan melalui daring, namun kami juga melayani pendaftaran di BLK yang nantinya dibantu secara daring. Buka website kementerian, selanjutnya membuat akun menggunakan data NIK e-KTP, alamat email, nama bapak/ibu kandung, nomor HP, setelah itu lengkapi data profil dan dilanjutkan pilih lembaga pelatihan UPTD-BLK-DINPERINAKER KOTA PEKALONGAN dan pilih program pelatihan,” jelas Helmy.

Helmy berpesan agar pendaftar mengunduh/cetak formulir kartu pendaftaran, dilanjutkan mengumpulkan berkas syarat pendaftaran BLK Kota Pekalongan. “Untuk syarat Peserta yakni pria wanita usia kerja, tidak sedang menempuh pendidikan formal, sehat jasmani rohani, dan lulus tes masuk,” tukas Helmy.

Nur Muktiadi