kaisar jepang
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko selaku pengelola Taman Wisata Candi Borobudur akan menutup sementara kunjungan wisatawan, selama kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, Kamis ( 22/6/2023). Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko selaku pengelola Taman Wisata Candi Borobudur akan menutup sementara kunjungan wisatawan, selama  kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito  dan Permaisuri Masako,  Kamis ( 22/6/2023).

“Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur akan ditutup sementara  mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.Karena adanya kunjungan kenegaraan tamu VVIP setingkat kepala negara ,” kata General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Jamaludin Mawardi, Selasa ( 20/6/2022) sore.

Jamal mengatakan, pihaknya akan membuka kunjungan wisatawan  mulai pukul 10.00 WIB , atau  setelah tamu negara tersebut meninggalkan kawasan candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut.

kaisar jepang
General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Jamaludin Mawardi. Foto: W. Cahyono

Penutupan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur tersebut  di seluruh area Taman Wisata Candi Borobudur mulai area parkir hingga zona I (pelataran candi).

Ia menambahkan,  untuk kelancaran kunjungan tersebut,pihaknya jauh-jauh hari telah melakukan persiapan . Seperti berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, protokol keamanan baik dari TNI maupun Polri.

Selain itu, pihaknnya juga telah melakukan simulasi alur kedatangan dan kepulangan tamu negara tersebut di dalam area Taman Wisata Candi Borobudur.

“Persiapan sudah kita mulai lebih dari dua minggu lalu. Baik koordinasi dengan pihak Kedutaan Besar Jepang di Indonesia maupun protokol keamanan baik dari TNI dan Polri,” katanya.

Jamal menjelaskan, selama  tamu negara dan rombongan naik ke bangunan candi akan property yang diwajibkan  saat naik ke monument candi, yakni memakai sandal khusus  atau  upanat.

Ia menjelaskan, jumlah rombongan VVIP asal Negeri Matahari Terbit tersebut tidak terlalu banyak, yakni sekitar 50 orang, termasuk  sejumlah orang dari media asal Jepang yang menyertainya.

Terpisah, Kapolresta Magelang  Kombes (Pol) Ruruh Wicaksono mengatakan, untuk pengamanan selama kunjungan kenegaran Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Candi Borobudur, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 300 personel TNI dan Polri.

Menurutnya, pengamanan yang dilakukan yakni  sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Magelang yang dilalui iring-iringan rombongan Kaisar Jepang , termasuk di dalam kawasan Candi Borobudur.

“ Rencana rombongan berangkat dari Jogjakarta sekitar pukul 07.00 WIB dan setelah berada di Candi Borobudur selama satu jam, rombongan akan kembali ke Jogjakarta,” kata Ruruh. W. Cahyono