blank
Dekan FH USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum menunjukkan naskah kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes) seusai seminar nasional. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka Dies Natalis Ke-36, Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) menggelar Seminar Nasional dengan tema ”Relasi Diskresi, Abuse of Power, dan Etika dalam Penyelenggaraan Pemerintahan” di Ruang Teleconference Gedung Menara USM Lantai 8 pada (19/6).

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Fakultas Hukum USM dan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes) di tempat yang sama.

Kegiatan dihadiri antara lain Wakil Rektor I USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II USM, Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (LPPM USM), Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT, dan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof Dr Ir Haslina Msi.

Dalam sambutannya, Rektor USM Dr Supari ST MT yang diwakili Wakil Rektor I Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP mengatakan, Fakultas Hukum memiliki kontribusi dalam meluluskan alumni sebanyak 3.493 atau 7,5% dari total alumni USM sebanyak 46.563 orang.

”Kontribusi fakultas hukum dalam kancah nasional maupun level internasional dan daerah sudah tidak bisa diragukan. Banyak alumni Fakultas Hukum yang telah berkontribusi positif dengan pekerjaannya masing-masing. Kami berharap, mereka dapat membawa semangat bagi adik-adik mahasiswa di Fakultas Hukum agar terus belajar untuk bisa menjadi sarjana yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, Fakultas Hukum menjadi andalan bagi USM, karena jumlah mahasiswa cukup banyak di antara program studi di USM. ”Saat ini Fakultas Hukum tengah berusaha untuk menjadi unggul,” ujarnya.

Prof Budi mengajak untuk terus berjuang dalam menciptakan dan mewujudkan mahasiswa yang makin berkompeten dan dapat berkontribusi untuk bangsa dan negara.

Ketua Panitia, Endah Pujiastuti SH MH mengatakan, Fakultas Hukum telah mengabdi unggul dalam prestasi selama 30 tahun.

Kegiatan tersebut mendatangkan tiga narasumber yakni Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Prof Dr Lita Tyesta ALW SH MHum yang memaparkan materi tinjauan relasi antara diskresi, abuse of power dan etika dalam penyelenggara pemerintah dari perspektif hukum tata negara.

Lalu Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr Ali Masyhar Mursyid SH MH dengan materi abuse of power dan diskresi dalam perspektif hukum pidana. Sedangkan Dekan Fakultas Hukum USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum dengan materi etika profesi bagi penyelanggara negara.

Kegiatan dipandu oleh Moderator, Muhammad Iftar A SH MH.

Dekan FH USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum mengatakan, kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara dari peringatan Dies Natalis Ke-36 FH USM yang nantinya dilanjutkan dengan berbagai kegiatan antara lain pengadaan orasi ilmiah, bakti sosial, lomba karya ilmiah hingga lomba debat hukum.

”Dalam merayakan Dies Natalis Ke-36 FH USM, kegiatan tidak hanya berakhir di seminar nasional saja, namun nanti akan dilanjutkan dengan pengadaan orasi ilmiah yang di dalamnya terdapat kegiatan launching buku yang dibuat oleh dosen-dosen Fakultas Hukum, lalu ada bakti sosial, ziarah ke makam pendiri Fakultas Hukum, lomba karya ilmiah mahasiswa Fakultas Hukum, dan Piala bergilir Prof Muladi lomba debat hukum,” jelas Amri.

Sebanyak 700 peserta mengikuti seminar tersebut baik secara offline maupun online zoom meeting. Mereka antara lain dari mahasiswa dan alumni USM dan perwakilan beberapa universitas di luar Semarang seperti Jakarta, Salatiga, Magelang, Sulawesi Tengah, Maluku hingga NTT.

Muhaimin