Selaku Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jateng, Prof Dr KH Abdul Fatah Santosa (kiri), mengukuhkan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Wonogiri hasil Muktamar Ke-48.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah dan ‘Aisyiah Kabupaten Wonogiri hasil Muktamar Ke-48 dikukuhkan. Upacara pengukuhan, Minggu (18/6), dirangkai dengan peresmian Masjid Att Tanwir yang berlokasi di lantai dua Gedung Balai Muhammadiyah Wonogiri.

Pengukuhan PD Muhammadiyah masa bakti periode 2022-2027 dilakukan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jateng, Prof Dr KH Abdul Fatah Santosa MAg. Kemudian pengukuhan PD ‘Aisyiyah dilakukan Ketua PW ‘Aisyiah Jateng yang diwakili Siti Kasyati SAg, MAg.

Personel kepengurusan Muhammadiyah Wonogiri yang dikukuhkan terdiri atas Ketua Drs H Kusman Thoha MPd, para Wakil Ketua terdiri atas Drs H Sudirman MQ, Drs H Rosyad Afandi MAg, KH Mualim, Drs Sularno MSc, MSi, Drs Kusaini, Sri Widadi, H Triwidodo MPd, Drs H Nurwahid MPd, H Asfari SAg, Drs Munawir MPd. Berikut Sekretaris Muhammad Julijanto SAg, MAg dan Bendahara Drs Suratno MPd.

Kemudian untuk kepengurusan PD ‘Aisyiyah Wonogiri yang dikukukuhan terdiri atas Ketua Hj Yuliatun SPd, MPd, Wakil Ketua Hj Dwi Surastuti dan Hj Maryatun SAg. Sekretaris Drs Hj Siti Noor Asih. Wakil Sekretaris Hj Syarufah SSi, SPdI. Bendahara Hj Mauwanah SP. Wakil Bendahara Hj Nur Aini Daris Salamah SFarm, Apt dan Laila Nur Hamidah SAg.

Ikut hadir Bupati Wonogiri yang diwakili Wakil Bupati Setyo Sukarno bersama jajaran Forkompimda, para pimpinan Ormas, para pengurus Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah tingkat cabang dan ranting.

Unggul Maju

Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Setyo Sukarno, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas dikukuhkannya pengurus PD Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah hasil Muktamar Ke-48. Kepada pengurus baru, diharapkan mampu melaksanakan amanat Musyda dengan segala program-programnya, untuk ikut serta memajukan Wonogiri.

”Saya minta Muhmmadiyah tetap menjadi bagian dalam ikut serta membangun Wonogiri, menuju daerah yang berdaya saing, Maju, Mandiri dan Sejahtera,” ujar Wakil Bupati Setyo Sukarno.

Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jateng, Prof Dr KH Abdul Fatah Santosa MAg, tampil memberikan tausyiah dengan topik kebangsaan. Dia memuji PD Muhammadiyah Wonogiri yang telah menyelesaikan tahapan Musyda dan Pengukuhan. Sebab di wilayah Solo Raya ini, ada yang belum menggelar Musyda apalagi Pengukuhan. Yakni Karanganyar, Klaten dan Boyolali.

Terkait dengan terpilihnya kembali Kusman Thoha menjadi Ketua PD Muhammadiyah Wonogiri, Prof Abdul Fatah Santosa, berujar: ”Pak Kusman ini menjadi tokoh Wonogiri yang tak tergantikan karena semangat dan kiprahnya.”

Kepada para pengurus yang dikukuhkan, diminta untuk segera melaksanakan tugas yang menjadi amanahnya. Yakni melaksanakan keputusan Musyda melalui program yang selaras dengan wilayah maupun pusat. Terlebih memasuki tahun politik pelaksanaan Pemilu 2024.

Untuk melaksanakan keputusan Musyda dan program kerja, pengurus diminta memedomani ATII. Yakni dilandasi dengan Akhlak, Taqwa, Iman dan Ilmu. Juga harus unggul dan berkemajuan, serta bersinergi ikut mewujudkan Wonogiri yang maju, mandiri dan sejahtera.

Bambang Pur