Para finalis Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023, foto bareng sesepuh  Kampung Samin dan Bupati Blora, di Pendopo Sedulur Sikep Kampung Samin, desa  Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Para finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023, diharapkan untuk bisa mempromosikan secara online, potensi wisata yang dimiliki wilayah Kabupaten Blora.

Tahun ini yang masuk grand final, finalis putra ada 18 orang dan finalis putri ada 14 orang, sehingga putra dan putri berjumlah 32 orang finalis.

Hal ini dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkenalkan keindahan alam serta budaya khas daerah Blora.
Dalam acara Family Trip, para finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023  yang diadakan di Pendopo Sedulur Sikep Kampung Samin, desa  Sambongrejo, Kecamatan Sambong, diajak untuk mengenal dari dekat perihal Kampung Samin di wilayah Sambongrejo,  Blora.
Salah satu finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023,  dari SMK Negeri 2 Blora, Riona Dwi Andriani mengaku senang bisa berkunjung ke Kampung Samin yang beberapa hari lalu ditetapkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.
“Saya baru sekali ini ke sini dalam rangka kunjungan wisata. Kampungnya bersih, rapi, kulinernya enak, dan bisa belajar budaya Samin. Sesuai arahan Bapak Bupati, kami dan teman-teman siap membantu promosi potensi wisata Blora. Tadi teman-teman juga langsung pada nge-0vlog dan mendokumentasikan kampung Samin ini. Seneng rasanya, sekaligus bangga Blora punya desa wisata yang baik,” ujar Riona Dwi Andriani.
Begitu juga dengan Andika Vio Pratama, finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023,  dari SMA Negeri 1 Randublatung.
Dia mengatakan bahwa dirinya merasa bangga bisa berkunjung ke Kampung Samin Sambongrejo, dan menyatakan kesiapannya untuk membantu promosi potensi wisata Blora melalui media sosial atau lainnya.
“Generasi millenial saat ini mayoritas pengguna medsos, sehingga apa yang diinginkan Pak Bupati ini memang tepat. Kami akan siap mempromosikan potensi Blora melalui konten konten yang menarik. Semoga pariwisata Blora kedepan bisa lebih dikenal,” ucap Andika Vio Pratama.
Pada kesempatan itu, Bupati Blora, H Arief Rohman, S.IP., M.Si.,  menyampaikan pentingnya peran Kakang Mbakyu Duta Wisata dalam mempromosikan potensi wisata Kabupaten Blora untuk dikenal di seluruh Indonesia.
“Kalian adalah duta-duta yang memiliki keahlian dan pengetahuan tentang keindahan Blora. Saya mengajak kalian untuk memperkenalkan pesona wisata Blora kepada masyarakat luas salah satunya melalui media sosial masing masing,” ujar Bupati Blora, Sabtu,  (17 Juni 2023).
Kabupaten Blora merupakan daerah, lanjut Bupati  Blora, yang kaya akan keindahan alam dan warisan budaya yang unik, hingga kuliner.  Salah satunya Kampung Samin Sambongrejo.
Setiap berkunjung ke Kampung Samin yang beberapa waktu yang lalu dinobatkan menjadi salah satu Desa Wisata terbaik di Indonesia. Akan disuguhkan hidangan-hidangan tradisional, imbuh Bupati Blora.
“Ayo para finalis Duta Wisata untuk ngevlog itu, mempromosikan potensi kampung Samin sini, terutama makanannya. Jangan lupa diupload di media sosial-nya masing-masing, instagram dan lain-lain ya,” pinta Bupati Blora.
Dalam kesempatan itu juga, dilakukan kegiatan dialog, dan foto bersama Bupati Blora dengan para finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023. Tak lupa pertunjukan musik kothek lesung menjadi salah satu pertunjukan yang tak bisa dilewatkan.
Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah dan para finalis Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2023, diharapkan Blora dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik minat wisatawan dari berbagai penjuru.
Wisatawan akan merasakan keindahan alam, melihat warisan budaya yang kaya, dan merasakan keramahan masyarakat Blora.
Kudnadi Saputro