blank
Tim PkM USM ang terdiri atas mahasiswa Ilkom foto bersama seusai mengadakan Pelatihan dengan tema ''Strategi Kreatif Manajemen Konten Sosial Media'' di SMA Institut Indonesia di jalan Maluku, Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang mengadakan Pelatihan dengan tema ”Strategi Kreatif Manajemen Konten Sosial Media” di SMA Institut Indonesia di jalan Maluku, Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan menghadirkan narasumber dosen Ilkom USM, Citra Safira, S.I.Kom, M.I.Kom dan Dzaqy Aqmal Mahardhika.

Tim PkM terdiri atas Ricky Yakub, Pramesinta Maha Restuningsih, Vira Setyarini, Alfi Aini Sahadati, Nia Febriantini, Anjeli Pangestika Syahrani, Nadia Kusumadewi, Siti Fatimah, Dzaqy Aqmal Mahardhika, Wahyu Firmansyah, dan Fiska Alfia Rochman.

Menurut Ketua Tim PkM Ricky, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kualitas konten sosial media dan kesadaran akan bijak dalam sosial media sedini mungkin, agar terhindar dari banyaknya kemunculan konten yang tidak diinginkan dan budaya ”julid” maupun hate speech di kalangan anak muda.

”Fokus utama kegiatan ini adalah meningkatkan pembuatan konten yang tidak hanya mengikuti yang sedang trending saja, namun juga memahami aspek yang dibutuhkan untuk membuat konten dari awal hingga akhir serta etika yang wajib dilakukan saat bersosial media,” ujarnya.

Etika dalam bersosial media itu diperlukan, katanya, untuk menghindari berbagai dampak buruk yang terjadi.

”Meskipun hanya dilaksanakan hanya beberapa jam, kegiatan ini berjalan dengan menyenangkan dan interaksi antara narasumber dengan peserta bisa terjalin dengan baik tanpa ada batasan yang berarti,” katanya.

Ricky berharap, generasi penerus menjadi perubahan yang lebih baik agar bangsa ini tetap dianggap sebagai negara yang sopan dan memiliki kualitas sosial media yang baik.

Guru Bimbingan Konseling SMA Institut Indonesia, Bayu mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Universitas Semarang karena melalui kegiatan ini para siswanya mendapatkan banyak ilmu tentang Manajemen Konten Sosial Media.

Dia berharap, kegiatan serupa diadakan lagi di SMA Institut Indonesia untuk menambah pemahaman para siswa dalam bersosial media.

”Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Kami berharap, para mahasiswa USM mengadakan kegiatan untuk menambah pemahaman para siswa dalam bersosial media,” tandasnya.

Muhaimin