blank

SUARABARU.ID Ditahun 2023 ini ada 59 kampus yang masuk daftar universitas terbaik di Indonesia.

Pemeringkatan tersebut dibuat oleh Scimago Institutions Ranking (SIR). SIR merupakan pengklasifikasi lembaga akademik yang terkait penelitian dengan menggabungkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian, inovasi, dan dampak sosial.

Scimago juga berkolaborasi dengan Elsevier yang menerbitkan perangkingan jurnal-jurnal di dunia. Jurnal tersebut yaitu Scimago Journal Ranking (SJR).

Melansir laman scimagoir.com, pada Sabtu (17/6/2023), berikut 10 besar PTS terbaik di Indonesia versi SIR 2023 yang bisa dijadikan referensi calon mahasiswa.

Pertama, Universitas Bina Nusantara (Binus University). Binus menempati peringkat 29 nasional.

Kedua, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. UAD menempati
peringkat 37 nasional.

Ketiga, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Atma Jayq menempati peringkat 39 nasional.

Keempat, Universitas Surabaya (Ubaya). Ubaya menempati peringkat 40 nasional.

Kelima, Telkom University. Telkom University menempati peringkat 42 nasional.

Ke enam, Universitas Kristen Maranatha Bandung. Universitas Maranantha menempati peringkat 43 nasional.

Ketujuh, Universitas Muhammadiyah Malang. UMM menempati peringkat 44 nasional.

Kedelapan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. UMY menempati peringkat 45 nasional.

Kesembilan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. UMS menempati peringkat 47 nasional.

Kesepuluh, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Unissula menempati
Peringkat 50 nasional.

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH menyatakan prestasi tersebut patut disyukuri dan berihtiar untuk terus ditingkatkan. “Harapannya kedepan peringkat Unissula akan semakin meningkat. Oleh karena itu diperlukan usaha sungguh sungguh untuk meningkatkan kinerja penelitian, inovasi dan dampak sosial. Unissula sudah dan akan terus memfasilitasi para dosen untuk meningkatkan ketiga indikator tersebut. Semoga hasilnya kedepan akan semakin baik”, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Unissula Dr Andre Sugiyono menambahkan capaian peringkat nasional tersebut memperlihatkan kultur akademik yang sangat baik di Unissula. Prestasi itu juga akan semakin menyemangati Unissula dalam menyambut calon mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 dengan pendidikan bermutu. “Saat ini institusi Unissula sudah terakreditasi unggul dari BAN PT demikian juga mayoritas prodinya sudah terakreditasi unggul. Selain terakreditasi nasional juga telah terakreditasi internasional sehingga kwalitas pendidikan di Unissula masuk jajaran terbaik. Kami memfasilitasi calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan Unissula. Proses pendaftarannya mudah karena bisa dilakukan secara online di laman pmb.unissula.ac.id. Mari segera mendaftar”, pungkasnya.