blank
Rombongan PDM Jepara diterima Rektor Unimus Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pasca pengukuhan jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah ( PDM) Jepara, Wakil Ketua PDM bidang Dikdasmen dan PNF H. Sadali S.Ag. mengadakan pertemuan dengan manajemen Universitas Muhammadiyah (UNIMUS) Semarang).

Pertemuan tersebut dalam rangka mewujudkan kerja sama yang sesungguhnya telah disepakati pada tahun 2015 yang silam yang selama ini belum terlihat hasilnya dan terkesan stagnan. Diharapkan dengan jajaran PDM yang baru ini benar-benar akan segera terwujud/ terealisasi.

H. Sadali, S.Ag didampingi anggota PDM yang lain yaitu Drs. H. Asep Sutisna, MM., serta beberapa aktifis Muhammadiyah yang konsen terhadap Pendidikan seperti H. Sadjiman, S.Pd., MM.,M.Pd, Drs. Mas’ud, MM. dan masih ada beberapa orang yang lainnya menyatakan bahwa PDM Jepara siap untuk membantu serta menyiapkan sarana perkuliahan apabila UNIMUS akan menyelenggarakan perkuliahan di Jepara.

Pada kesempatan ini rombongan PDM Jepara diterima langsung oleh Rektor UNIMUS Prof. Dr. H. Masrukhi, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Rektor 1 Dr. Budi Santosa, M.Si., Med serta beberapa staf terkait di Rektorat Unimus Jalan Kedungmundu 18 Tembalang Semarang.

Prof. Dr. H. Masrukhi, M.Pd menjelaskan bahwa UNIMUS dalam memberikan layanan pendidikan sangat terbuka untuk mengadakan kerjasama dengan PDM-PDM di Jawa Tengah. Harapannya pelayanan pendidikan menjadi lebih mudah untuk dijangkau masyarakat.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Dr. Budi Santosa, M.Si., Med menjelaskan teknis kerja sama yang memungkinkan untuk dilaksanakan berdasarkan peraturan yang ada adalah berupa program Program Studi di Luar kampus Utama (PSDKU), Program Pembelajaran Jarak Jauh (PPJJ) dan Program Kelas kerja sama.

Untuk program PSDKU dan PPJJ dibutuhkan ijin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang prosesnya bisa lama, selain itu status akreditasi program studi pada program PSDKU tidak langsung melekat, jika program studi di kampus utama telah terakreditasi A maka tidak otomatis program studi yang sama pada PSDKU juga terakreditasi A.

Setelah mendengarkan paparan dari Rektor dan Wakil Rektor 1 akhirnya disepakati bahwa program yang akan dilaksanakan adalah program kelas kerja sama dalam bentuk rombongan belajar yang selanjutnya disebut rombel Jepara. Pada program ini pendaftaran mahasiswa baru dilakukan sama sebagai pendaftaran regular yang prosesnya secara daring/ on line melalui situs https://pmb.unimus.ac.id/.

Sedangkan program studi yang akan dibuka untuk rombel Jepara adalah program studi Kesehatan Masyarakat dan program studi Manajemen, perkuliahan bisa dilakukan 60% secara daring terkonsentrasi dalam kelas dan 40% diadakan secara luring di kampus utama.

“Program kelas kerja sama rombel Jepara insyaallah akan diselenggarakan mulai tahun akademik 2023 – 2024 ini. Adapun tempat pembelajaran secara daring terkonsentrasi akan diadakan di kompleks Gedung Muhammadiyah Jl. AR. Hakim Jepara,” ujar H. Sadali.

Hadepe – Kuat Parmono)