Acara akan dilaksanakan di Kawasan Candi Borobudur, Magelang. Selain membangkitkan cinta pada kekayaan Indonesia, Cinta Bangga Paham Rupiah, kegiatan ini juga mengajak masyarakat membiasakan diri menggunakan transaksi nontunai.

Dalam acara tersebut diramaikan dengan beberapa kegiatan di Angkringan Digital 2023, antar lain talkshow, atraksi kebudayaan, dan Rupiah Borobudur Run yang juga akan melibatkan berbagai komunitas lari.

Kemudian dari sisi inflasi, tekanan inflasi menurun pada Mei 2023. Inflasi enam kota gabungan di Provinsi Jawa Tengah mencatatkan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,22% (mtm), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya (0,28%; mtm), namun masih lebih tinggi dari inflasi nasional (0,09%; mtm).

Secara tahunan, IHK enam kota gabungan di Provinsi Jawa Tengah pada Mei 2023 mencapai 4,02% (yoy), sedikit di atas nasional yang sebesar 4,00% (yoy). Penurunan inflasi tersebut terutama berlangsung seiring dengan berlalunya periode festive season Idul Fitri 1444 H.

Pada periode laporan, Kelompok Transportasi menjadi sumber penurunan inflasi. Pasca festive season Idul Fitri 1444 H, tarif beberapa moda transportasi umum mengalami penurunan seiring dengan normalisasi permintaan masyarakat pasca mudik lebaran.

Sementara itu, Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau mengalami peningkatan inflasi. Harga sejumlah komoditas pangan tercatat masih meningkat, Beberapa diantaranya yaitu telur dan daging ayam ras yang meningkat seiring dengan harga jagung yang tinggi.

“Untuk keseluruhan tahun 2023, inflasi IHK diperkirakan akan kembali berada pada sasaran inflasi 3,0±1%,” katanya lebih lanjut.

Untuk menjaga inflasi kembali berada pada rentang target, Bank Indonesia akan senantiasa berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di daerah dalam Forum TPID Provinsi Jawa Tengah, dengan menyusun berbagai program pengendalian inflasi.

Program pengendalian inflasi tersebut diarahkan kepada pengelolaan ekspektasi masyarakat yang selanjutnya menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi di tengah proses pemulihan perekonomian pada tahun 2023.

Hery Priyono