blank
Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap menggelar pelatihan potensi SAR Medical First Responder (MFR). Foto: Dok/SAR

BANYUMAS (SUARABARU.ID) – Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap menggelar pelatihan potensi SAR Medical First Responder (MFR) yang berlangsung mulai 14 hingga 20 Juni 2023.

Pelatihan yang melibatkan 50 orang peserta ini berasal dari berbagai organisasi dan instansi pemerintah yang dilaksanakan di Nirwana Resort Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian sumber daya manusia pada potensi pencarian dan pertolongan yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR untuk penanganan kecelakaan maupun musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.

“Seluruh peserta harus mengikuti pelatihan dengan serius dan menyerap ilmu yang diberikan instruktur. Diskusikan dan pecahkan masalah yang ada sebagai solusi bersama,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa S.T, Kamis (15/6/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pejabat instansi pusat dan daerah yang ada di lingkungan area kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap.

Sementara itu metode yang digunakan dalam pelatihan ini antara lain, teori kelas, drill kering, simulasi dan praktek lapangan. Sedangkan materi pelatihan meliputi pengantar pertolongan pertama, penilaian korban, pemindahan korban, BHD, RJP, luka bakar, kedaruratan lingkungan, pendarahan, syok, terapi oksigen dan uji kompetensi.

Ning S