Ketua Tim Audit PT Equality Indonesia, Irin Wedalia  menyampaikan kedatang ke Perhutani KPH Mantingan, di Jl. Diponegoro, Rembangan, Tasikagung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

REMBANG (SUARABARU.ID) – Perhutani Mantingan, selama tujuh hari, menghadapi Audit Survelen Penilikan II dalam Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) oleh Perseroan Terbatas (PT) Equality Indonsia. Kegiatan open audit dilakukan di Ruang Rapat Kantor KPH Mantingan, dimulai pada Selasa, 13 Juni 2023.

Hadir dalam opening audit Adm Mantingan Ir. Marsaid. Waka Adm Dwi Anggoro Kasih ketua tim Pi Aici Audit kantor, dan jajaran Pi Aici, Kepala PHW IV Rembang Rovi Tri Kuncoro dan pendamping dari Divre Jateng, Andre Syailendra serta dari pihak auditor PT Equality Indonesia yang dipimpin oleh Irin Wedalia.

Pada kesempatan itu,  Adm Mantingan Marsaid menjelaskan, bahwa pada prinsipnya Perhutani Mantingan telah melakukan pekerjaan sehari-hari sesuai dengan ketentuan dan undang-undang dalam mengelola hutan produksi lestari.

“Namun apabila ada temuan –temuaan yang kurang, akan kami jadikan evaluasi untuk pengelolaan keberlanjutannya,” ucap Marsaid di hadapan tim audit.

Lebih lanjut Marsaid mengatakan, untuk selanyang pandang tentang KPH Mantingan secara keseluruhan nanti akan disampaikan oleh Ketua Pi Aici Dwi Anggoro Kasih selaku Waka Adm Mantingan.

“Yang penting bagi kami adalah, kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk pengelolaan hutan tidak melanggar rambu-rambu yang ada sesuai dengan perunjuk kerja dari Direksi Perhutani,” ungkap Marsaid.

Tim Audit PT Equality Indonesia,  melakukan pemeriksaan di  Perhutani KPH Mantingan, di Jl. Diponegoro, Rembangan, Tasikagung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

Sementara itu, Ketua Tim Audit PT Equality Indonesia, Irin Wedalia  menyampaikan bahwa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, akan melaksanakan kegiatan audit dari Selasa, 13 Juni hingga Senin, 19 Juni 2023. Irin Wedalia  juga memperkenalkan semua tim sesuai dengan bidang yang akan diaudit.

“Tim audit meliputi Sdr Warsito auditor bidang aspek pra sarat, E Gangga Permana bidang Produksi, Taryadi bidang sosial dan Agung Tofani bidang VLHH saya sendiri bidang Ekolodi,“ kata  Irin Wedalia, Rabu, 14 Juni 2023.

Untuk diketahui, dalam  pengelolaan hutan produksi lestari setiap tahun akan di audit tim audit Independen. dan tim auditor ini tidak mau didekte ataupun diatur saat kunjungan lapangan. tim akan melihat secara langsung dimana tim mau melihat sesuai dengan realisasinya.

Dari lima tahun yang lalu tahun 2021 KPH Mantingan telah lolos audit bahkan waktu di audit oleh Control Wood Indonesia sekira tahun 2016  Mantingan juga dapat nilai baik dan sesuai dengan prasyarat dalam pengelolaan hutan produksi lestari.

Kudnadi Saputro