blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan keterangan terkait kampung tangguh anti narkoba se-Jawa Tengah. Foto: Dok/Bidhumas

KENDAL (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikan kampung tangguh anti narkoba se-Jawa Tengah. Peresmian dilakukan di Pendopo Tumenggung, Bahurekso, Kabupaten Kendal pada Selasa (13/6/2023).

Sementara di Kendal sendiri yang menjadi kampung tangguh anti narkoba diantaranya di Kampung Wisata Karaoke Melati Sari, Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu.

Luthfi mengatakan, Polda Jateng tidak bangga menegakkan hukum kasus narkoba dan menghukum warga. Oleh karenanya perlu langkah antisipasi agar narkoba tak merajalela. “Tempat sel kasus narkoba sampai over kapasitas, butuh pencegahan terkait narkoba,” kata Luthfi.

Luthfi berharap kampung tangguh harus menjadi media komunikasi informasi edukasi di masyarakat, agar terbebas dari narkoba. “Terima kasih untuk Bupati Kendal yang akan mengucurkan dana ke tingkat desa untuk pencegahan narkoba,” ujarnya.

Luthfi menekankan kepada kapolsek, camat, serta kepala desa harus mampu dalam pencegahan narkoba di tingkat bawah sesuai instruksi Presiden.

Direktur Resnarkoba Polda Jateng, Kombes Lutfi Marthadian mengatakan, peresmian kampung tangguh anti narkoba Polda Jateng adalah bagian dari pencegahan peredaran dan penggunaan narkoba di masyarakat. “Sampai saat ini ada 216 kampung tangguh anti narkoba se-Jawa Tengah,” jelas Lutfi.

Lutfi membeberkan, di Kendal, Desa Sumberejo adalah pilot project kampung tangguh anti narkoba karena menggunakan dana desa dalam pencegahan narkoba.

Sementara itu Sekda Jateng, Sumarno mengatakan, narkoba adalah ancaman nyata. Peredarannya begitu masif dan mudah sekali didapatkan.

“Kampung tangguh, desa bersinar dan jogo tonggo harus kita sinergikan, karena itu adalah bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat agar terbebas dari narkoba,” kata Sumarno.

Menurut Bupati Kendal, Dico Ganinduto, Pemkab Kendal punya program peningkatan kualitas sumber daya manusia. Maka generasi muda harus jauh dari narkoba.

Ning S