blank
Ilustrasi ciri-ciri kanker payudara. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kaum hawa, mungkin tidak menyadari jika gejala kanker payudara telah menghinggapinya, terutama pada tahap awal. Seperti namanya, kanker payudara adalah penunjang lainnya, terserang sel kanker. Penyakit ini dapat terjadi pada pria dan wanita, tetapi jauh lebih sering terjadi pada wanita.

Dikutip dari Halodoc.com, meski gejala baru benar-benar terasa saat kanker sudah memasuki stadium lanjut, penting untuk waspada. Segeralah sadari jika ada perubahan pada payudara, dan jalani pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala kanker payudara sebenarnya dapat dikenali dari beberapa kondisinya yang khas. Berikut ini ciri-ciri kanker payudara yang perlu diwaspadai dan tidak boleh diabaikan.

1. Adanya benjolan tidak wajar di payudara
Salah satu gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan pada jaringan payudara. Jaringan payudara yang dimaksud membentang dari area payudaranya sendiri, hingga ke bagian bawah lengan.

Benjolan dapat terbentuk di dada atau ketiak selain di daerah payudara. Kelenjar getah bening di bawah lengan atau dekat payudara dapat bertindak sebagai saluran penyebaran sel kanker ke organ lain. Benjolan ini hanya dapat dirasakan dan tidak dapat dilihat secara langsung.

Secara lebih spesifik, karakteristik benjolan kanker payudara adalah pertama tekstur permukaan benjolan tidak rata, cenderung lunak, tetapi agak keras,. Kedua benjolan melekat erat pada payudara, atau tidak dapat digeser-geser, ketiga jumlah benjolan yang muncul biasanya hanya satu, dan keempat benjolan biasanya tidak terasa sakit saat ditekan.

2. Ukuran payudara besar sebelah
Gejala kanker payudara yang satu ini sebenarnya disebabkan oleh benjolan payudara. Payudara kiri dan kanan wanita memang seringkali berbeda ukurannya. Namun, perbedaan ukuran yang tidak wajar dan sangat jauh bisa disebabkan oleh perkembangan benjolan karena kanker.

Oleh karena itu, perlu diwaspadai bahwa ukuran payudara yang mulai tidak sebanding dan tidak normal bisa menjadi indikasi kanker payudara. Selain itu, sisi payudara yang lebih besar juga akan terlihat melorot atau turun. Hal ini juga disebabkan oleh perkembangan benjolan payudara.

3. Perubahan pada tekstur kulit payudara
Perubahan tekstur kulit payudara merupakan gejala lain dari kanker payudara yang harus diwaspadai. Gejala ini disebabkan oleh sel-sel kanker yang juga menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat menjadi meradang dan berubah.

Namun, ciri-ciri kanker payudara ini terkadang dianggap sebagai kondisi kulit atau infeksi yang umum. Berikut ini karakteristik atau perubahan pada kulit payudara yang bisa dikenali, diantaranya, penebalan kulit di sekitar payudara, kulit di area payudara tampak berlesung atau berkulit seperti kulit jeruk dan terasa gatal pada area kulit payudara yang berubah teksturnya.

4. Puting tampak melesak ke dalam
Sel kanker juga dapat menyerang sel di bawah puting. Jika demikian, puting susu yang biasanya menonjol ke luar mungkin akan tampak terkulai atau melesak ke dalam. Kamu harus berhati-hati jika melihat perubahan seperti ini di area puting.

5. Keluarnya cairan berwarna dari puting
Tanda-tanda kanker payudara pada puting dapat berupa keluarnya cairan berwarna coklat kemerahan. Penyakit ini dapat disebabkan mulanya karena luka seperti eksim pada puting yang tidak kunjung sembuh.

Munculnya benjolan, perubahan kulit, dan keluarnya cairan dari puting memang tidak selalu menandakan kanker payudara. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan jika mengalaminya. Jika kamu merasa mengalami gejala di atas, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi penanganan yang tepat sebelum parah.

Ning S