blank
Para peserta LDK melakukan olahraga sebelum mendapatkan materi dari narasumber. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (Orma FE USM) menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, baru-baru ini.

”Kegiatan ini adalah gabungan dari tiga Orma di FE USM, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FE, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M), dan HMJ-Akuntansi,” kata Ketua Panitia, Shahid Ashari.
Kegiatan yang diikuti 49 anggota Orma FE USM itu dilaksanakan di Lapangan Tembak Kodam IV, Tembalang.

Shahid mengatakan, tujuan kegiatan untuk mempersiapkan kader untuk menjadi calon pemimpin di masa depan dengan karakter dan mental yang kuat. Selain itu juga membekali kader sebagai calon pemimpin yang berdedikasi pada identitas nasional bangsa, serta menumbuhkan pola pikir dan nilai moral kader dalam penerapan keorganisasian maupun kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH dengan materi Wawasan Kebangsaaan, Sentot Bandjuadji D STP menyampaikan leadership dan Etika Organisasi, Dosen FT USM, Tatas Transinata SPd MPd dan Dosen Psikologi USM, Rusmalia Dewi SPsi MSi Psikolog.

Tema dari kegiatan ini adalah membangun era kepemimpinan yang berintegritas dengan mengacu pada identitas nasional.

”Tema ini diambila karena jiwa kepemimpinan harus dimiliki setiap individu yang terlibat dalam organisasi. Kepemimpinan yang dimaksud di sini bukanlah dilihat sebagai suatu jabatan atau posisi tertentu, melainkan sebagai suatu pilihan bagi seseorang untuk mengembangkan diri dengan segala kemampuan yang hendaknya harus dimiliki seseorang sebagai seorang pemimpin dan juga untuk kehidupan bermasyarakat sehari harinya,” ungkapnya.

Kepemimpinan, katanya, juga dapat meningkatkan kualitas aktivitas dari seseorang untuk mencapai tujuannya masing masing ataupun secara kelompok. Setiap pemimpin perlu adanya pembekalan seperti wawasan kebangsaan, nilai moral, dan pola pikir yang bagus.

”Saya berharap kegiatan ini akan terus dilakukan setiap tahun sehingga dapat mengader pemimpin-pemimpin berkualitas yang berintegritas dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi, khususnya di Orma FE USM,” tandasnya.

Muhaimin