Siswa SMK Muda foto bareng dengan Kepala Unit Lantas Polsek Cepu, Polres Blora, Ipda Sony Ariadi usai Pelatihan Kecakapan Siswa, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah 2 Cepu, di aula SMK Muda Cepu, Kabupaten Blora. Rabu, 7 Juni 2023.Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Tanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini, Unit Satuan Lalu Lintas Kepolisian Sektor (Polsek)  Cepu, Polres Blora, Polda Jawa Tengah menggelar kegiatan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dan Police Goes to School di wilayah Kabupaten Blora dengan materi sosialisasi dan imbauan tertib keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Dalam rangka menjadikan generasi muda tertib berlalu lintas, Unit Satuan Lalu Lintas Polsek Cepu melaksanakan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dan Police Goes to School di SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Cepu,  Kabupaten Blora, di aula SMK setempat, rangkaian kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Kecakapan Siswa, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah 2 Cepu,  Rabu, 7 Juni 2023.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Cepu, Kabupaten Blora, Drs. Mokh. Fathoni, MM.,  menyampaikan banyak terima kasih kepada Unit Lantas Polsek Cepu yang bersedia memberikan edukasi tertib berlalu lintas kepada siswa-siswinya.

“Hal ini dilakukan agar dapat memberikan pemahaman kepada pelajar tentang tertib berlalu lintas guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pelajar,” jelas Mokh Fathoni.

Diharapkan sosialisasi ini dampak nyata, agar hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya tidak terjadi di wilayah Cepu Blora.

Pada kesempatan itu,  Kepala Unit Lantas Polsek Cepu, Polres Blora, Ipda Sony Ariadi menyosialisasikan pengetahuan dasar dalam berkendara dan juga menyampaikan rambu-rambu lalu lintas yang wajib diketahui oleh pengedara motor.

“Semakin banyak anak sekolah yang menggunakan motor juga semakin banyak potensi pelanggaran rambu rambu  lalu lintas yang berpotensi jadi laka lantas, karena itu tugas kami sebagai penjembatan imbauan untuk tertib lalu lintas baik di jalan perkotaan maupun di jalan kampung yang sepi sekalipun karena tetap bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu  lintas,”  ungkap Ipda Sony Ariadi.

Selain materi tentang tertib lalu lintas, tidak lupa juga Ipda Sony Ariadi dan personel Unit Lantas Polsek Cepu menghimbau untuk kendaraan bermotor tidak mengggunakan Knalpot Brong.

“Knalpot Brong dapat mengganggu kenyamanan jalan, karena suaranya yang bising,” tandas Kepala Unit Lantas Polsek Cepu, Polres Blora.

Untuk diketahui, Police Goes to School merupakan sebuah program gagasan Polri untuk memberikan kegiatan pendidikan di sekolah oleh anggota Polri melalui metode sosialisasi, ceramah, seminar, dan metode lainnya, di samping itu, Police Goes to School dilaksanakan sebagai upaya memupuk kedekatan Polri dengan masyarakat khususnya para pelajar.

Kudnadi Saputro