blank
Kondisi rumah korban pasca insiden kebakaran di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Selasa 6 Juni 2023. Foto: Polsek Tawangharjo

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah rumah di Dusun Beber RT 6 RW 2 Desa Mayahan, Tawangharjo, Grobgan terbakar Selasa 6 Juni 2023 pagi.

Kejadian kebakaran di rumah Ngatmini berlangsung pada pukul 10.15 WIB, dan mengakibatekan seekor hewan ternak tewas terpanggang.

Kapolsek Tawangharjo, AKP Umbarwati, saat dikonfirmasi mengatakan, kebakaran ini terjadi ketika cucu tetangga sedang bermain di belakang rumah korban.

Tiba tiba ia melihat kobaran api sudah merembet di sebagian rumah milik korban. Hal itu membuat dirinya berteriak minta tolong.

Teriakan itu didengar Nyahmin, tetangga korban. Melihat api semakin membesar, Nyahmin dan berteriak minta tolong.

“Warga datang langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Bahkan, mereka berusaha menyelamatkan seekor kambing yang terdapat di kandang yang lokasinya berbarengan dengan rumah korban,” ujar AKP Umbarwati.

Nahas, api terus membesar hingga akhirnya seekor kambing milik korban tidak bisa diselamatkan alias tewas terpanggang.

Kobaran api akhirnya padam setelah warga dibantu Damkar Satpol PP Grobogan melakukan pemadaman. “Api berhasil dipadamkan 10 menit kemudian. Beruntung hanya sebagian yang terbakar, sehingga beberapa barang milik korban masih dapat diselamatkan,” tutur AKP Umbarwati.

Rumah Ngatmini yang terbakar ini berbentuk limasan ukuran tiang 12 x 12 dengan dinding terbuat dari kayu ukuran rumah panjang 9 meter x 8 meter.

“Kejadian ini menuebabkan kerugian materiil senilai Rp15 juta. Untuk penyebabnya, kami dari Tim Inafis Polres Grobogan dan anggota Reskrim Polsek Tawangharjo menyimpulkan api berasal dari bediang di kandang kambing milik korban dengan barang bukti potongan kayu yang terbakar,” jelas AKP Umbarwati.

Dikatakan Kapolsek, kebakaran ini terjadi saat pemilik rumah sedang keluar. Adanya kejadian tersebut, pihaknya mengimbau kepada warga untuk berhati-hati saat meninggalkan rumah.

“Pastikan untuk hal-hal yang mudah terbakar, seperti bediang, kompor, dan kabel listrik untuk dicek dulu sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong,” imbau mantan Kasi Humas Polres Grobogan ini.

Tya Wiedya