blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan diskusi LLHPB PDA se Jawa Tengah secara daring, Minggu ( 04/06/2023) malam

Diskusi ini dimoderatori Chayanita Sekar Wijaya dengan mengacu pada tema yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu Solusi untuk Polusi Plastik. Hadir dalam acara tersebut, aktivis LLHPB PDA se Jawa Tengah dan juga LLHPB PDA dari Jawa Barat yang terlibat aktif dalam diskusi.

Diskusi daring ini menampilkan 2 narasumber Ketua Divisi Lingkungan Hidup LLHPB PWA Jawa Tengah, Deny Ana I’tikafia dan Ketua Bidang Mitigasi dan Kesiapsiagaan MDMC Jawa Tengah, Abdul Malik Karim.

blank

Ketua LLHPB PWA Jawa Tengah Lilik Tri Prihantini menyatakan bahwa,sampah plastik menjadi masalah utama yang perlu didiskusikan agar tidak terjadi bencana lingkungan. Disamping itu Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) yang menjadi salah satu agenda Musyawarah Daerah (Musyda) hendaknya terus diimplementasikan,” harapnya.

Sementara Deny Ana I’tikafia dalam diskusinya menyatakan sudah saatnya GMPS ke depan harus bekerjasama dengan berbagai fihak, baik di Muhammadiyah Aisyiyah namun harus sinergikan dengan masyarakat bahkan fihak pemerintah,”tegasnya.

Pemateri kedua,Abdul Malik Karim menyatakan pemicu adanya bencana lingkungan salah satunya adalah masyarakat yang transisi dari tradisional ke industri, sehingga pola fikir bahwa kepraktisan serta kemudahan dalam penggunaan plastik menjadi alasan untuk menggunakan plastik,”terangnya.

Diskusi ditutup dengan sambutan Ketua Koordinator LLHPB PWA Jawa Tengah, Sri Gunarsih. Ia menilai LLHPB sangat luar biasa dalam mengurusi lingkungan, kali ini menggandeng MDMC sudahlah tepat dan sinkron sehingga perlu untuk segera membentuk kegiatan luring,”harapmya.

Doa dilantunkan oleh Hj Siti Ruminten, dengan harapan apa yang diikhtiarkan membuahkan hasil nyata.

Hadepe – Dafia