blank
Ganjar bersama Kiai Adib tertawa bersama, saat membicarakan sesuatu hal yang lucu. Foto: hms

CIREBON (SUARABARU.ID)- Calon presiden koalisi PDIP dan PPP, Ganjar Pranowo, kembali sowan ke sejumlah ulama. Kali ini dalam kunjungannya ke Cirebon, Sabtu (3/6/2023), pria berambut putih itu menyempatkan diri sowan ke Pondok Pesantren Buntet, Cirebon.

Mengenakan koko dan peci berwarna hitam, Gubernur Jawa Tengah berambut putih itu, tiba di Ponpes Buntet sekitar pukul 11.30 WIB. Kedatangannya disambut hangat pengasuh Ponpes Buntet, KH Adib Rofiuddin Izza, dan Ketua Yayasan Buntet, KH Salman Alfarisi.

Dalam pertemuannya itu, mereka ngobrol cukup lama dan baru keluar sekitar pukul 13.30 WIB. ”Saya silaturahmi pada Kiai Adib, karena beberapa kali ke sini belum sempat. Alhamdulillah, hari ini bisa sowan,’ kata Ganjar.

blank
Sejumlah penghuni pondok berebut bersalaman dengan Ganjar, dalam kunjungannya itu. Foto: hms

BACA JUGA: Hanya Ganjar yang Bisa Lanjutkan Program Kerja Jokowi

Dia kemudian mengungkapkan obrolannya dengan Kiai Adib, dan mendapat banyak wejangan. Di antaranya gambaran tentang bangsa, bagaimana membawa negara ke depan dan lainnya.

”Beliau mengijazahi saya banyak hal, dan menurut saya ini sangat baik. Tentang bagaimana membangun suasana kebangsaan yang damai, tenteram dan membuat hubungan antara ulama dan umaro berjalan baik,” jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah berambut putih itu mengaku sangat bahagia, bisa diterima keluarga besar Buntet. ”Apalagi tadi juga makan masakan Bu Nyai yang luar biasa lezatnya. Enak sekali. Terima kasih banyak atas sambutan yang diberikan,” pujinya.

Riyan