blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka melestarikan tradisi yang diwariskan oleh para leluhur, maka Kelurahan Bapangan, Kecamatan Jepara akan menggelar acara Sedekah Bumi yang akan berlangsung pada hari Minggu tanggal 4 Juni 2023. Sejumlah acara diagendakan akan digelar diantaranya ziarah ke makam leluhur, doa bersama, pengajian hingga pentas wayang kulit dengan lakon Dwarawati Nyawiji.

blank
Lurah Bapangan Miftachul Amin dan Ketua Panitia Sedekah Bumi Sugiyanto.

Hal tersebut diungkapkan oleh Lurah Bapangan Miftachul Amin, SH terkait dengan acara Sedekah Bumi yang akan dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah kelurahan Bapangan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah mendukung acara ini dan panitia yang telah bekerja dengan keras,” ujarnya.

blank
Lurah Bapangan Miftachul Amin, SH

Menurut Miftachul Amin, direncanakan acara akan dimulai dengan ziarah ke makam Tjitrosomo II dan Pangeran Sarip serta dilanjutkan dengan tahlil dan doa bersama,” ujar Miftachul Amin.Baru pada malam harinya akan diadakan pengajian umum dan pegelaran wayang kulit yang dipusatkan di halaman parkir Bendungan Les Bapangan, tambahnya.

Sementara Ketua Panitia kegiatan Sedekah Bumi Keliurahan Bapangan, Drs Sugiyanto, M.Pd, menjelaskan untuk pengajian umum akan menghadirkan pembicara KH. Abdul Madjidal Hafidz dari Ngasem Batealit dan akan dimeriahkan oleh grup rebana Rekso Budoyo Kecapi.

blank

Sedangkan untuk wayang kulit akan menampilkan Ki Dalang Nuryanto yang akan didukung oleh kerawitan Kono-Kene dari Sanggar Seni Kutut Manggung Jerukwangi. “Direncanakan akan ditampilkan 5 waranggono yaitu Tessa, Rena, Rara, Sukma dan Fitri,” ujar Sugiyanto.

Hadepe