blank
Kairul Anwar (kiri/kaos hitam), saat memberikan motivasinya pada para petinju, yang tengah mengikuti pelatda di Komplek GOR Jatidiri, Semarang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Pertina Jateng, Kairul Anwar mengatakan, kualitas petinju binaannya hampir sama dengan petinju dari daerah lain di Indonesia. Namun yang membedakannya hanya mental juara, dari masing-masing petinju.

Karena itu, faktor mental ini dinilai sangat penting untuk mempersiapkan petinju Jateng dalam menghadapi Pra-PON dan PON mendatang. Harapannya, tentu para petinju Jateng akan mampu mempersembahkan prestasi terbaiknya.

”Jika mental juara dimiliki petinju Jateng, mereka bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Mereka akan lebih termotivasi, semangat, dan bahkan bisa dibilang “berani mati” di ring,” ungkap Kairul, saat mengunjungi Pelatda Tinju Jateng dan PPLOP Tinju, di Komplek GOR Jatidiri, Semarang, Kamis (1/6/2023).

BACA JUGA: Kapolda Jateng Apresiasi Event Balap Sepeda ‘Road to Tour of Kemala 2nd’ di Karanganyar

Rencananya, di sela-sela Pelatda ini Pertina Jateng akan mengundang psikolog, untuk membentuk mental juara petinju. Psikolog itu diharapkan bisa mengubah cara pandang atlet, agar lebih positif dan produktif dalam menghadapi situasi pertandingan.

”Kami sudah menyiapkan psikolog untuk petinju yang masuk pelatda ini. Jadwalnya nanti kita sesuaikan dengan program pelatih,” imbuhnya.

Saat ini, petinju yang mengikuti Pelatda Jateng antara lain Aisyah Al Jufri, Nihayatul Maula, Ari Marsiana, Maulana Kamal Masiva, Burhanudin Afuraf, M Irfan, Yahya Putra, dan Ilham Siregar.

BACA JUGA: Tim PkM USM Memberi Psikoedukasi bagi Orang Tua dan Guru Pos PAUD Sekar Kantil Tlogosari

Para petinju itu diminta tetap fokus menjalani latihan. Mengingat Pertina Jateng bertekad meloloskan petinju sebanyak-banyaknya saat kualifikasi PON, yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Juli mendatang.

”Kami berharap, petinju pelatda untuk tetap fokus berlatih. Kita ingin memanfaatkan betul Pra-PON, dan tak sekadar meraih tiket PON, tapi juga meraih medali nantinya,” tegas Kairul.

Riyan