blank
Para santri terlihat sedang membersihkan sampah di lingkungan Stadion Utama Kebondalem Kendal. Foto: Spw

KENDAL (SUARABARU.ID) – Ada cara yang unik dilakukan oleh Pondok Pesantren(Ponpes) Sabilurrasyad Ngampel Kendal. Pada momen peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2023 ini, ratusan santrinya diajak ke Stadion Utama Kebondalem Kendal, Kamis(01/06/2023).

Mereka di Stadion Utama ini, tidak untuk melihat orang berolahraga atau pun melihat konser musik atau hiburan lainnya, namun membersihkan sampah yang ada di lingkungan Stadion Utama Kebondalem tersebut.

Ketua Yayasan Sabilurrasyad, dr. Sumiati mengatakan, pihaknya menerjunkan lebih dari 300 santri untuk bersih-bersih Stadion Utama Kebondalem Kendal.

Selain itu, diajaknya ratusan santri ini, sekaligus untuk mengisi liburan dalam rangka hari Lahirnya Pancasila. Menurut dr. Sumiati bersih- bersih dini dilakukan untuk melatih santri agar bisa membiasakan hidup sehat.

“Bersih- bersih sampah ini kami lakukan, sebagai wujud dalam menerapkan prinsip hidup bersih dan sehat, karena kebersihan adalah sebagian dari iman sekaligus wujud nasionalisme santri-santri Ponpes Sabilurrasyad kepada bangsa dan negara,” kata dr. Sumiati.

Salah satu santri yang ikut dalam kegiatan bersih- bersih sampah di lingkungan Stadion Utama Kebondalem, Assyifa Cinta Ramadhani mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini.

Ia mengaku, dengan mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di Stadion Utama ini, bisa melatih untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

“Kalau di pondok pesantren, saya sering mendapatkan pelajaran tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Hari ini saya bisa praktik langsung di lapangan,” ujar Assyifa.

Assyifa berharap, anak- anak santri lain yang ikut dalam kegiatan ini, bisa menerapkan pentingnya hidup sehat di kehidupan sehari- harinya.

Sapawi