blank
Pj Sekda Larsita menyampaikan kegiatan 'Gowes Bareng Gubernur Jawa Tengah kepada wartawan. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kegiatan bertajuk ‘ Gowes Bareng Gubernur Jawa Tengah’ akan digelar Pemkot Magelang, Minggu 4 Juni 2022. Peserta ditarget lebih dari 10.00 goweser.

Pj Sekda Kota Magelang, Larsita mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Ke-1117 Kota Magelang, Hari Bhayangkara Ke-77 dan Hari Sepeda Dunia.

Eevent gowes ini, lanjutnya, menjadi salah satu komitmen pemerintah dalam menggalakkan sport tourism, yakni olahraga sekaligus berwisata. Para peserta ditarget paling banyak warga luar Magelang.

‘’Kita ingin Kota Magelang menjadi rujukan event sport tourism yang berkualitas. Melalui event gowes ini, diharap banyak peserta datang dari luar kota. Mereka tidak hanya olahraga gowes, tapi juga sekaligus berwisata,’’ katanya.

Dalam jumpa pers di Ruang Sidang Lantai 2 Pemkot Magelang kemarin, panitia sudah menyebar kupon sebanyak 13.490 lembar ke seluruh penjuru kota. Termasuk seluruh daerah di Jawa Tengah, bahkan Pulau Jawa, termasuk DKI Jakarta. Khususnya melalui komunitas-komunitas pecinta sepeda.

‘’Kita gandeng komunitas pecinta sepeda dan gowes, seperti Komite Sepeda Indonesia (KSI) yang sudah menunjuk koordinator di tiap daerah di Jawa Tengah untuk menghimpun peserta. Event ini gratis, maka diharap peserta luar kota berbondong-bondong ke Kota Magelang,’’ ujarnya.

Larsita menerangkan, karena mengusung konsep sport tourism, maka para peserta saat berada di Alun-alun Kota Magelang akan disuguhi beberapa atraksi kesenian. Antara lain Tari Soreng dan Tari Warokan yang merupakan tari khas dari Magelang.

‘’Kita tawarkan juga destinasi-destinasi wisata yang ada untuk dapat mereka kunjungi. Mumpung sedang di Kota Magelang, maka mereka sebelum atau setelah gowes bisa berkunjung ke objek wisata. Seperti TKL Ecopark, Gunung Tidar, aneka museum, kulineran dan lainnya,’’ terangnya.

Ketua Panitia Gowes Candra Wijatmiko Adi menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan rute terbaik untuk peserta umum sepanjang kurang lebih 11,3 kilometer. Start dari Alun-alun menuju Jalan Pemuda (Pecinan) dan berbelok ke Jalan Tidar.

Selanjutnya menuju Jalan Gatot Soebroto, belok lagi ke Jalan Cawang, Jalan Sultan Agung, dan berbelok ke arah SMP 7 Magelang menuju Jalan Cempaka dengan melintasi TKL Ecopark. Berikutnya ke Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Pahlawan, Jalan Ade Irma, Jalan A Yani dan finish di Alun-alun.

‘’Khusus untuk Forpimda, kita ambil rute yang pendek sekitar 3,1 kilometer. Untuk Pak Gubernur Jawa Tengah beserta istri yang diagenakan ikut, kita harap bisa bersama peserta umum menyusuri rute yang lebih panjang dengan pemandangan yang asyik,’’ ungkap Kepala Dishub Kota Magelang tersebut.

Panitia menyediakan beragam hadiah menarik mulai alat-alat elektronik, seperti magic com, kompor gas, kulkas, sepeda dan lainnya, hingga hadiah utama sepeda motor dan tiket umroh.

‘’Untuk kupon gratis ini sudah kita di sebar di titik-titik tertentu di Kota Magelang. Adapun peserta dari luar kota bisa mendaftar lewat online dan dapat ditukar dengan kupon pada H-1 acara di Kota Magelang,’’ tuturnya. (pemkotmgl)