blank
Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Ujang Darwis memimpin upacara hari lahir Pancasila. Foto: Dok/Pendam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Ujang Darwis, M.D.A., mewakili Pangdam IV/Diponegoro memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Makodam IV/Diponegoro ini diikuti para prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro, Kamis (1/6/2023).

Melalui amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, Kasdam menyampaikan, para prajurit harus selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. Karena dengan Pancasila keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika secara bersama-sama.

Sejalan dengan tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini yaitu “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan diselesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu.

“TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Penekanan lain yang disampaikan adalah agar prajurit menjadi perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Hal ini bisa dilakukan dengan menonjolkan persamaan dan mengesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kedinasan maupun saat berbaur dengan masyarakat. Selain itu para prajurit juga ditekankan untuk tetap menjaga sinergitas dengan Polri serta lembaga terkait.

“Jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta lembaga lainnya. Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerja sama, bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa,” tandasnya.

Hadir dalam upacara tersebut Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Budi Kusworo, Irdam, Kolonel Inf Yudi Pranoto, para Asisten Kasdam, para Perwira LO, para Kabalakdam dan Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Ning S