blank
Para Biksu mendoakan keselamatan polisi, Rabu (31/5). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Melanjutkan perjalanan dari Kota Magelang menuju Borobudur, Kabupaten Magelang, rombongan 28 Biksu Thudong Thailand, empat dari Malaysia dan dua dari Indonesia menyempatkan singgah di Mapolresta Magelang, Rabu (31/5/2023). Saat singgah di lobby Polresta para Biksu melakukan doa bersama untuk keselamatan seluruh personel Polri.

Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono memimpin pengawalan perjalan Biksu Thudong bersama Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana, para Kabag, Kasat, para perwira, serta Kapolsek jajaran. Mereka menjemput di depan Hotel Artos, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Sebelum sampai di Mapolresta Magelang rombongan Biksu Thudong sempat singgah di Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Magelang dan di TEA Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Kapolresta Magelang menyampaikan, kebetulan jarak ke lokasi finish sudah dekat, sejauh 4 kilometer. Maka dibelokkan ke Polresta Magelang supaya para Biksu bisa beristirahat. Serta guna menunjukkan bahwa mereka sudah memasuki wilayah Kabupaten Magelang dan sebentar lagi akan sampai di Borobudur.

“Merupakan kebahagiaan tersendiri bisa menghadirkan mereka dan kita sangat senang diberikan doa keselamatan untuk semua personel dan kantor ini,” kata Kapolresta.

Di sela-sela istirahat di lobby Polresta Magelang, salah seorang perwakilan Biksu menyampaikan terima kasih kepada Kapolresta, karena diberi kesempatan beristirahat di Polresta Magelang. Sebagai balasan, para Biksu mendoakan personel dan kantor Polresta Magelang. Secara bersama-sama mereka membacakan lantunan doa keselamatan untuk semua.

Kegiatan ritual “Thudong” dengan berjalan kaki ribuan kilometer, finish di Pusdiklat Catra Jinadhammo Borobudur milik Yayasan Prasadha Jinadhamo Mahathera yang berlokasi di Jalan Daranindra Borobudur pada sore hari. Perjalanan mereka dimulai sejak 23/3/2023 dari Nakhon Si Thammarat Thailand. Para Biksu langsung melakukan prosesi sembahyang.

Eko Priyono