blank
Truk tangki yang terguling ini muatan mulase atau tetes tebu dengan tujuan Karaganyar. Fot: Satlantas Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Sebuah truk tangki gandeng bermuatan tetes tebu terguling di wilayah Simpang Lima Purwodadi, Selasa 30 Mei 2023.

Truk tangka bermuatan tetes tebu yang terguling ini mengakibatkan muatan tumpah dan menggenang di sekitar tempat kejadian. Kejadian ini pun menjadi tontonan warga, dan Sebagian ada yang mencedok tumpahan tets tebu itu.

Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Deni Eko Prasetyo menjelaskan, awal mula insiden kecelakaan terjadi pada pukul 19.30 WIB. Truk yang dikemudikan Sumarkin memuat tetes tebu dari Trangkil, Pati menuju ke Karanganyar.

“Sebenarnya saya dari Jalan Gajahmada, mau ke arah Solo, tetapi malah salah belok, saya sadar setelah belok ke Jalan Dr Sutomo,” jelas Sumarkin.

Sumarkin berinisiatif untuk memundurkan truk tangki yang dikemudikannya, namun justru truk tangki bagian belakang terguling. Hingga akhirnya muatan tetes tebu ini tumpah dan membanjiri jalanan. “Total muatan tetes tebu 40 ton. Yang tumpah ada sekitar 20 ton,”jelas Sumarkin.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Deni Eko Prasetyo yang mendapatkan informasi dari masyarakat langsung menuju ke lokasi kejadian.

Didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Grobogan Ipda Pandu Putra dan KBO Iptu Duddy, Kasat Lantas menyatakan truk tangki ini terguling karena hendak mundur saat sopir mengetahui salah masuk jalur.

“Terguling saat mau mundur. Ini truk muatan tetes tebu dari arah Pati menuju ke Karanganyar,” jelas AKP Deni Eko Prasetyo.

Sopir menyatakan tadi salah masuk jalur, yang harusnya ke jalan Purwodadi – Solo, namun belok ke Jalan Dr Sutomo dan sopir berinisiatif untuk mundur tetapi tangki bagian belakang terguling.

Saat proses evakuasi truk bernopol AD 1873 AB ini, terlihat para warga memunguti tetes tebu dengan jerigen dan kondisi lalu lintas tersendat.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan juga terlihat memantau selama proses evakuasi terhadap truk tangki yang terguling ini. Diketahui, tetes tebu atau molase ini yang diangkut truk tangki ini semula akan dipergunakan sebagai bahan pembuatan alkohol.

Tya Wiedya