blank
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba sedang memberikan keterangan kepada wartawan saat berada di Stasiun Solo Balapan , Jumat (26/5). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) -KAI Commuter sebagai operator Commuter Line Yogya-Solo dan KA Lokal Prameks di Wilayah 6 Yogyakarta segera memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 mulai 1 Juni mendatang.

Terkait pemberlakuan GAPEKA baru, KAI Commuter memasang target mengangkut 5.743.361 orang pengguna Commuter Line Yogya-Solo dan 775.079 orang pengguna Commuter Line Prameks di tahun 2023.

“Perjalanan Commuter Line Yogya-Solo dan Commuter Line Prameks di GAPEKA 2023 tidak mengalami perubahan. Yakni 20 perjalanan di weekday dan 24 perjalanan di weekend untuk Commuter line Yogya-Solo. Sedangkan untuk Commuter Line Prameks juga tetap dengan 8 perjalanan per hari, ” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di Stasiun Solo Balapan , Jumat (26/5)

Perubahan Commuter line Yogya- Solo sesuai GAPEKA 2023, lanjut VP Corporate Secretary KAI Commuter yakni menyangkut rute. Artinya, bila sebelumnya rangkaian Commuter Line dari Yogya berhenti di Solo Balapan.

Dengan GAPEKA 2023 pemberhentian diperpanjang hingga Palur. Rute serupa juga berlaku untuk perjalanan menuju Yogyakarta . Selain perpanjangan rute juga terdapat perubahan jam kedatangan dan keberangkatan.

Waktu tempuh Commuter Line Yogya-Solo juga berubah dari semula 85 menit menjadi 83 menit . Artinya tiga menit lebih cepat padahal rute yang dilayani lebih panjang yakni Yogya-Palur. Begitu pula Commuter Line Prameks yang saat ini ditempuh dengan 77 menit menjadi 61 menit, memangkas waktu 6 menit lebih cepat.

Perjalanan Commuter Line Yogya-Solo dan Commuter Line Prameks pada GAPEKA 2023 yang biasanya terdapat penyusulan kereta jarak jauh akan dikurangi penyusulannya. Untuk Commuter Line Yogya-Solo yang sebelumnya tujuh penyusulan menjadi hanya dua Commuter Line saja.

Sedangkan Commuter Line Prameks tidak ada perubahan, yakni dua Commuter Line akan disusul.

Adanya perubahan dan penyesuaian, pengguna dapat mengatur perjalanannya kembali menyesuaikan jadwal perjalanan terbaru di 1 Juni 2023. Untuk jadwal perjalanan Yogya-Solo dapat dilihat melalui C-Access sedangkan Commuter Line Prameks jadwal terbaru, reservasi dan pembelian tiket menggunakan KAI Access.

“Commuter Line sebagai transportasi massal yang membawa pengguna dari wilayah penyangga tentunya tidak akan berpuas diri, KAI Commuter dan KAI akan terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal sehingga pengguna dapat merasakan langsung tidak hanya untuk saat ini namun juga ke depan, ” jelas Anne Purba

Anne Purba menambahkan, jadwal keberangkatan pertama dan terakhir Commuter Line Yogya-Solo dan Commuter Line Prameks GAPEKA 2023.

Ke-1 Commuter Line Yogya-Solo : Yogyakarta-Palur yang sebelumnya pukul 05:20 menjadi pukul 05:30 WIB . Dari Palur-Yogyakarta tetap pukul 04:55 WIB.

Ke-2 Commuter Line Prameks : Yogyakarta-Kutoarjo yang sebelumnya pukul 06:30 menjadi pukul 06:37 WIB. Dari Kutoarjo-Yogyakarta yang sebelumnya pukul 05:15 WIB menjadi pukul 05:25 WIB.

Keberangkatan terakhir 1. Commuter Line Yogya-Solo : Yogyakarta-Palur sebelumnya pukul 22:35 WIB menjadi 17:45 WIB pada weekday dan 20:16 WIB pada weekend.

Sedangkan Palur-Yogyakarta sebelumnya pukul 21:05 WIB menjadi 18:07 WIB, 2. Commuter Line Prameks: Yogyakarta-Kutoarjo dari sebelumnya pukul 17:35 WIB menjadi pukul 18:38 WIB dan untuk Kutoarjo-Yogya dari sebelumnya pukul 15:58 WIB menjadi pukul 16:05 WIB.

Bagus Adji