Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan pendampingan penerapan Akuntansi UMKM berdasarkan standart, penyusunan laporan keuangan sederhana berbasis aplikasi. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan pendampingan penerapan Akuntansi UMKM berdasarkan standart, penyusunan laporan keuangan sederhana berbasis aplikasi kepada pelaku UMKM di Lamper Lor, baru-baru ini.

Menurut Ketua Tim PkM, Risti Ulfi Hanifah, di era perkembangan teknologi ini, pelaku UMKM membutuhkan sistem yang terintegrasi, sehingga pelaku UMKM memiliki pencatatan atau pembukuan yang baik, keluar masuknya keuangan pada usahanya menjadi lebih tertata.

”Hal ini bertujuan agar tidak terdapat kesalahan hitung atau salah saji, karena tujuan mendirikan usaha untuk memperoleh keuntungan,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengelola usaha. Selain itu juga dapat membawa perubahan dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

”Antusiasme pelaku UMKM Lamper Lor untuk kegiatan pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi sangat tinggi. Berbagai pertanyaan diajukan kepada tim hingga sampai pada sesi diskusi dalam memecahkan masalah,” ungkapnya.

Muhaimin