blank
Mahasiswa USM mengerjakan soal bidang Fisika dan Matematika dalam lomba Onmipa secara online. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) -Mahasiswa USM mengikuti lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) pada hari kedua, 24 Mei 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi diikuti 3.918 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Universitas Diponegoro, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanudin, Universitas Syiah Kuala, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya.

”Mahasiswa USM yang mengikuti lomba ini terbagi menjadi empat bidang, yaitu bidang Matematika ada empat orang Dini Ade Wulandari, Bagas Setyawan, Dyna Maharani, Muhammad Ali Akbar Sholahuddin, dan Mohamad Adi Prasetyo. Bidang Fisika ada dua orang Arinaldi Hakiki dan Muhammad Abid Athourrohman. Bidang Kimia diwakili oleh Diana Puspita Sari, Benedictus Dimas Pamungkas Nasadit, Fadhyl Muhammad Irhab Rauf, Angelina Intan Maulidya, dan Maulina Salma Faiz. Sedangkan perwakilan dari bidang Biologi ada empat mahasiwa yaitu, Nailul Hana Syarofanie, Annisa Maharani Rahmawati, Ribka Dewi Pertiwi, dan Aji Bayu Lejar Mahendra,” kata Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Materi pada hari ini berbeda dengan hari sebelumnya. Pada hari ini bidang Fisika terkait termodinamika, Fisika Statistik, Fisika Modern, dan Mekanika Kuantum. Bidang Matematika tentang analisis kompleks dan kombinatorika. Bidang Kimia tentang Kimia Anorganik dan Kimia Fisika. Bidang Biologi adalah perkembangan, repoduksi, dan perilaku, serta keanekaragaman hayati dan evolusi.

”Kami berharap, di hari kedua ini anak-anak dapat mengejarkan dengan baik dan lancar, sehingga dapat lolos ke tahap selanjutnya,” ungkap Junaidi.

Muhaimin