blank
Kasubdit Pam Wisata Baharkam Polri, Kombes Pol. Drs. Subakti memberikan Pelatihan, Pembinaan dan Bimtek Tugas Pokok Fungsi Satuan Pamobvit Polres Blora, di Aula Aryaguna Mapolres Blora. Selasa, 23 Mei 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora 
  1. BLORA (SUARABARU.ID) —  Satuan Pengamanan Objek Vital (Sat Pamobvit), belum lama dikukuhkan oleh Kapolres Blora. Selanjutnya Kepolisian Resor  (Polres)  Blora menggelar Pelatihan, Pembinaan dan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Tugas Pokok Fungsi Satuan Pamobvit di Aula Aryaguna Mapolres Blora pada  Selasa, 23 Mei 2023.

Oleh karena Satuan baru di Polres Blora, Bimbingan teknis kali ini menghadirkan langsung narasumber dari Kasubdit Pam Wisata Baharkam Polri, Kombes Pol. Drs. Subakti beserta para Perwira dan Bintara Subdit PAM Wisata Baharkam Polri.

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, S.I.K., M.M., M.H.,  menyambut langsung Tim dari Kasubdit Pam Wisata Baharkam Polri dan mengucapkan terima kasih atas berkenannya menjadi narasumber dan juga pembimbing dari Satuan Pamobvit yang baru saja dikukuhkan kemarin.

“Kami mengucapkan terima kasih atas berkenan hadir di Blora kepada Tim dari Baharkam Mabes Polri, semoga ilmu yang disampaikan kepada kami dapat bermanfaat dan juga bisa mendukung destinasi  Wisata di Kabupaten Blora,” kata AKBP Fahrurozi.

Dari Ketua Tim Bimtek, Kombes Pol. Subakti, menerima sambutan dari Kapolres Blora, mewakili Tim mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Blora yang sudah mengukuhkan Satuan Pamobvit. Perlu diketahui, bahwa dengan adanya giat pariwisata, dampaknya luar biasa bagi kita.

Dengan ini daerah, lanjut Kombes Pol. Subakti,  sekitarnya juga harus ikut mengemban dalam merawat obyek wisata walaupun pengunjungnya masih wisatawan lokal. “Adanya viralisasi akan lebih banyak yang datang berkunjung ke tempat wisata,” ujar Kombes Pol. Subakti.

blank
Peserta Pelatihan, Pembinaan dan Bimtek Tugas Pokok Fungsi Satuan Pamobvit Polres Blora, di Aula Aryaguna Mapolres Blora. Selasa, 23 Mei 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

Lebih lanjut, Kombes Pol. Subakti menjelaskan bahwa semakin banyak yang datang maka harus didukung pengamanan yang seimbang. Sebagai Polri harus memperhatikan segala aspek, jika terjadi kejadian di obyek wisata maka akan cepat tersebar.

“Kewajiban kita sebagai pengemban fungsi obvit untuk melakukan kegiatan pengamanan. Pariwisata dulu dinikmati oleh orang kaya, tapi sekarang siapa saja bisa datang berkunjung, dan menjadi gaya hidup masyarakat sekarang,” ucap Kombes Pol. Subakti.

“Di Blora sini ada banyak tempat wisata yaitu Gua Terawang, Bendungan Tempuran, Kampung Bluron, Water Splash, Bukit Pencu dan lainnya. Saat ini ada desa wisata, yaitu desa yang mampu menampilkan budaya setempat sehingga menarik perhatian yang berkunjung.ada juga yang menghasilkan ikan, buah,  sayur, alam. Motif ekonomi dan budaya sangat diminati saat ini,”  tandas Kasubdit Pam Wisata Baharkam Polri.

Untuk diperhatikan, kegiatan bimtek ini dilaksanakan supaya Personel yang mengemban fungsi dapat tahu tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya agar supaya tidak terjadi malfungsi di lapangan, baik dari segi pengamanan, pengamatan maupun dalam administrasinya, terkait PAM Wisata di wilayah Kabupaten Blora.

Kudnadi Saputro