blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kanan berkopiah warna putih), menyalami jamaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Pacitan yang dilepas keberangkatannya ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 166 orang Jamaah Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Pacitan, Rabu (24/5) pagi, resmi diberangkatkan. Keberangkatan calon tamu Allah ini, dilepas oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dari Pendapa Kabupaten Pacitan ”Mas Tumenggung Djogokarjo.”

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, para jamaah Calhaj itu selanjutnya naik bus menuju Asrama Haji di Surabaya. Sebanyak 166 orang jamaah Calhaj Kabupaten Pacitan yang berangkat kali ini, merupakan tahap pertama.

Tahap kedua, sebanyak 56 jamaah, masih menunggu jadwal berikutnya. Rombongan Pacitan tergabung di kloter 6 bersama dengan jamaah Calhaj asal Kabupaten Pamekasan dan Kota Surabaya.

”Semoga selama menjalankan ibadah haji mendapat kelancaran, dan dimudahkan segala sesuatunya. Mudah-mudahan setiap apa yang dikerjakan, dicatat sebagai amal ibadah,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Kepada para jamaah Calhaj Kabupaten Pacitan, Bupati, berpesan agar selama berada di Tanah Suci, tetap menjaga kekompakan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati, juga menitipkan doa terbaik untuk Kabupaten Pacitan, agar masyarakatnya ayem tentrem, sejahtera dan bahagia. Juga menitipkan bendera Merah Putih dan Pataka Panji Kabupaten Pacitan kepada jamaah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan, Sugiyo, menyatakan, jamaah Calhaj dari Kabupaten Pacitan, akan tiba di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, nanti Pukul 19.00. Dijadwalkan, mereka akan melakukan penerbangan dari Juanda ke Tanah SuciKamis (25/5) take off Pukul 18.30.

Menurut Sugiyo, jamaah Calhaj asal Kabupaten Pacitan yang berangkat tahun ini, banyak yang berusia lanjut. Jamaah tertua beumur 94 tahun, atas nama Isnatin Mukmin Ngadenan, asal Desa Bangunsari Kecamatan Pacitan.

Bambang Pur