blank

BLORA (SUARABARU.ID) —P emerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dan melaksanakan ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti.

Upacara dilaksanakan di halaman depan kantor Bupati Blora dengan inspektur upacara Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST., MM. Senin, (22/5/2023).

Serangkaian acara mulai penghormatan, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila dan teks Pembukaan UUD 1945, sambutan Menkominfo RI hingga diakhiri doa, berlangsung tertib dan khidmat.

Peserta upacara terdiri Forkopimda Blora, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pegawai Aparatrur Sipil Negara (ASN), organisasi masyarakat, TNI, Polri, Dharma Wanita Persatuan, Mahasiswa, Pelajar SMP dan SMA/SMK, serta kelompok paduan suara.

Hari Kebangkitan Nasional 2023 masuk dalam daftar hari penting nasional yang diperingati setiap 20 Mei. Harkitnas diperingati untuk mengingat momentum perjuangan rakyat Indonesia yang ditandai dengan lahirnya sebuah organisasi bernama ‘Budi Utomo’ pada 1908.

Tema yang diangkat pada peringatan Harkitnas tahun ini adalah “Semangat Untuk Bangkit”.

Secara serentak upacara bendera memperingati 115 tahun Harkitnas 2023 dilaksanakan secara serentak Senin 22 Mei 2023.

Pada upacara peringatan Harkitnas 2023, Wakil Bupati Blora membacakan sambutan Plt. Menkominfo Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. dikenal dengan nama Mahfud MD.

Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati itu, disampaikan Plt Menkominfo RI, Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Arisen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu.

blank
Upacara pengibaran bendera merah putih peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115,
di halaman depan kantor Bupati Blora dengan inspektur upacara Wakil Bupati Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa, serta Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” kata Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati yang akrab disapa Mbak Etik dalam amanatnya.

Setelah upacara Harkitnas 2023, dilaksanakan ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti oleh Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati bersama Forkopimda Blora.

Ziarah di TMP Wira Bhakti,
sebelumnya dilakukan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan peletakan karangan bunga, serta tabur bunga pada masing-masing pusara di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti.

Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, S.H., M.Si., menjadi pemimpin upacara ziarah dan tabur bunga di TMP Wira Bhakti Blora.

Kudnadi Saputro