blank
BACAKAN SAMBUTAN - Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI Moh Mahfud MD. (foto: humas)

BREBES (SUARABARU.ID) – Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin jadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, digelar di Alun-alun Brebes, Senin (22/5/2023).

Dalam sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI Moh Mahfud MD yang dibacakan Pj Bupati mengatakan, pada masa ini di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan Api Semangat untuk Bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. “Kita patut bersyukur pada tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut,” ucapnya.

Kata Mahfud, di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. “Hal ini menjadi momentum untuk memaknai hari Kebangkitan Nasional ke-115, sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” serunya.

Menurut Mahfud, Harkitnas juga dimaknai untuk memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor Swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan Kebangkitan Bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik sekalipun.

Plt Menkominfo menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa perekenomian Indonesia tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen year on year (yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70 persen yoy, dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan I Tahun 2023 juga masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03 persen yoy, dimana hal ini menunjukan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV Tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen yoy.

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan Bangsa Indonesia,” harapnya.

Mahfud menyampaikan kutipan Dr Soetomo, yakni Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian Bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai Tanah Airnya. Dia mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat Kebangkitan Nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama, demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan, sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” tegasnya.

Seperti diketahui Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei, namun sesuai pedoman yang ditetapkan Kementerian Kominfo, upacara diundur pelaksanaannya pada 22 Mei 2023.

Turut hadir pada upacara, Forkopimda Brebes, Sekda Brebes, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan OPD dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Brebes, Ormas juga perwakilan mahasiswa dan siswa sekolah.

Sutrisno