blank
Atap kandang sapi berbahan rangka baja mengalami kerusakan akibat insiden kebakaran ini. Foto: Damkar Satpol PP

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kebakaran kendang ternak memang beberapa kali terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan. Sabtu 20 Mei 2023 kemarin juga kembali terjadi. Sebuah kandang sapi dan kambing terbakar di Dusun Kragilan, Desa Rejosari, Kradenan, Grobogan.

Kebakaran yang menghanguskan kandang sapi memang tidak sampai menimbulkan kerugian besar, karena hanya menimbulkan kerusakan pada atapnya saja. Warga berhasil menyelamatkan beberapa ekor sapi dan kambing sebelum api membesar.

Petugas Damkar Satpol PP Grobogan, Cukup Nofi mengatakan, peristiwa ini terjadi pada pukul 15.18 WIB di kandang sapi milik Saleman, 70 tahun.

Baca juga Tiga Rumah Ludes Terbakar di Ngaringan Grobogan

“Ketika warga melihat ada kepulan asap di kandang sapi milik korban. Kemudian dilakukan pengecekan dan terlihat api sudah membesar,” ujar Cukup Nofi.

Mendapat informasi dari masyarakat, tim regu Damkar Satpol PP Pos Wirosari berangkat menuju ke lokasi kebakaran kandang sapi.

Sebelumnya, warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Hingga akhirnya, petugas Damkar Satpol PP Pos Wirosari tiba untuk melakukan pemadaman dan pendinginan.

Atap Rusak

“Tidak ada korban jiwa. Hanya atap kandang sapi yang mengalami kerusakan. Dari keterangan pemilik kandang, kerugian mencapai Rp5 juta. Sementara untuk hewan ternak milik korban bisa diselamatkan oleh warga,” ujar Cukup Nofi.