blank
Ilustrasi menanam tanaman secara hidroponik. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hidroponik merupakan cara menanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, namun memanfaatkan air dan media tanam berupa benda padat seperti cocopeat, spons dan sebagainya.

Hidroponik juga dapat diartikan sebagai sistem penanaman tanpa menggunakan media tanah. Teknik menanamnya bisa menggunakan media tanam non tanah, seperti kerikil, pasir kasar ataupun sabut kelapa. Sistem hidroponik sudah dikenal dan diterapkan sejak lama, yakni semenjak abad ke-16 Masehi.

Memiliki hobi dalam memelihara tanaman hidroponik merupakan keseruan tersendiri bagi pecinta tanaman. Selain dapat mempercantik dan memperindah rumah, tanaman hias juga dapat memberikan kesejukan tersendiri.

Baca Juga: Tak Hanya Cantik Sebagai Hiasan, Yuk Simak 5 Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Jenis tanaman hidroponik yang dapat dirawat pun banyak ragamnya seperti halnya pakcoy, seledri dan masih ada banyak lagi. Ketika kita memiliki tanaman tentunya akan kita jaga agar bisa tumbuh dengan baik. oleh karena itu, kita perlu tips jitu untuk dapat merawat tanaman tersebut.

Dilansir dari Suara.com, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk merawat tanaman hidroponik.

1. Tempatkan Tanaman pada Cahaya yang Cukup

Agar tanaman memiliki pertumbuhan yang baik ada baiknya memilih tempat dengan pencahayaan cukup. Jika tanaman hidroponik tersebut kalian tempatkan di indoor, maka sebisa mungkin untuk mengeluarkannya. Dengan begitu tanaman dapat memiliki asupan cahaya yang cukup untuk bertumbuh.

Baca Juga: Trik Merawat Tanaman Lidah Mertua

2. Rajin untuk Memangkas Tanaman

Tips selanjutnya untuk merawat tanaman hidroponik adalah dengan melakukan pemangkasan. Pemangkasan dapat dilakukan jika daun pada tanaman dirasa terdapat kerusakan pada daunnya. Pemangkasan daun yang rusak dilakukan agar nantinya tidak menginfeksi daun lainnya yang masih bagus.

3. Mencukupi Kebutuhan Air pada Tanaman

Perlu diperhatikan kecukupan kadar air pada tanaman hidroponik sangat penting agar tumbuh subur. Usahakan untuk selalu memastikan dan menyirami tanaman hidroponik dengan teratur. Karena bagaimana pun setiap tanaman pasti membutuhkan asupan terutamanya air untuk dapat bertumbuh dengan baik.

4. Rajin Membersihkan Wadah Tanaman

Melakukan pembersihan pada wadah harus rajin dilakukan untuk tanaman hias. Jika tanaman menggunakan wadah yang transparan sangat rentan untuk ditumbuhi oleh lumut. Sehingga wadah tanaman hidroponik harus sering di cek agar terjaga kebersihannya.

Baca Juga: Tanaman Obat Untuk Batuk dan Pilek

5. Penuhi Nutrisi Tanaman yang Cukup

Pemenuhan nutrisi dengan cukup pada tanaman hidroponik merupakan perhatian khusus bagi pemilik tanaman. Karena tanaman hidroponik hanya bergantung pada kecukupan nutrisi dalam wadah bak air. Oleh karena itu, pastikan nutrisi yang ada dalam wadah bak air tercukupi agar tanaman hidroponik tumbuh dengan subur.

Nah, Apakah kalian ingin tetap untuk membudidayakan tanaman hidroponik?. Jika Iya, Kalian bisa menggunakan tips diatas agar tanaman hidroponik bisa tetap tumbuh dengan segar dan subur.

Claudia