blank
Oven pengering pengering tembakau ludes terbakar bersama Gudang tembakau di Tuk, Pulokuloon, Grobogan. Foto: Humas Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah Gudang tembakau di Desa Tuko, Kecamatan Pulokulon, ludes terbakar, Kamis 18 Mei 2023.

Sumber menyebutkan, peristiwa kebakaran yang menimpa Gudang tembakau milik Komari ini terjadi sekitar pukul 18.30. Saat itu Heri Irawan, tetangga korban, melihat api yang sudah membesar di dalam gudang.

Heri berteriak minta tolong dan warga langsung berdatangan untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Pemilik gudang juga turut datang ke lokasi kejadian. Namun, api terus membesar hingga akhirnya dua unit mobil Damkar Satpol PP Grobogan dikerahkan untuk memadamkan api di gudang tersebut.

Kapolsek Panunggalan, AKP Siswanto mengatakan, hasil pemeriksaan tim Inafis Polres Grobogan dan unit Reskrim Polsek Panunggalan diketahui api berasal dari anyaman bambu tempat menjemur tembakau.

“Anyaman bambu ini diletakkan di atas oven pengeringan jagung menyebabkan kebakaran,” jelas AKP Siswanto.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun pemilik gudang mengalami kerugian mencapai Rp3 juta. “Tidak ada korban jiwa, namun anyaman bambu bernama tetek ini yang dipergunakan untuk menjemur tembakau sebanyak 500 lembar ini ludes terbakar akibat kebakaran tersebut,” ujar AKP Siswanto.

Kapolsek AKP Siswanto menyebut, diduga api berasal dari oven pengeringan jagung yang memanas dan membakar tetek yang berada di atasnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap bahaya kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian manusia.

“Ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api dan listrik untuk selalu dijaga agar waspada terhadap kebakaran,” tutupnya.

Tya Wiedya