blank
16 padepokan pencak silat Kebumen berfoto bersama Bupati Arif Sugiyanto yang juga Ketua IPSI, Kamis 18/5.(Foto:SB/Kominfo Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menggelar silaturahmi dan halal bihalal dengan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), diikuti 16 padepokan, di halaman Pendopo Kabumian, Kamis (18/5/2023).

Sebagai Ketua IPSI, Bupati sangat mendukung perkembangan pencak silat di Kebumen. Ia berharap kepada seluruh sekolah di Kebumen untuk menambah ekstrakurikuler pencak silat, sehingga sejak dini anak-anak sudah bisa diajari seni bela diri.

“Nanti tinggal disepakati sekolah tersebut mau menghadirkan padepokan pencak silat yang mana. Saya kira ini penting adanya penambahan pencak silat di sekolah sebagai ekstrakulikuler. Harus ada, tapi siswa tidak boleh diwajibkan. Ia bebas untuk memilih karena ini berkaitan dengan merdeka belajar,” ujar Arif Sugiyanto.

Bupati pun merasa bangga dengan pancak silat di Kebumen. Selain pengikutnya begitu banyak, pencak silat juga banyak menyumbang prestasi dengan berbagai kejuaraan.”Ini bisa diliat dari banyaknya piala yang sudah diraih,” terang dia.

Bupati menyatakan, Pemkab terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap IPSI. Baik dukungan moril maupun finansial. Ia menyebut bantuan untuk IPSI sudah dimasukkan dalam bantuan anggaran untuk KONI.

“Untuk bantuan finansial tentu saja kita berikan, melalui KONI. Tahun ini ada dana hibah sebesar Rp 2 miliar yang kita berikan ke KONI untuk penguatan olahraga di semua cabang olahraga,” ujarnya.

Bupati berharap, bantuan bisa diberikan sebagaimana mestinya. Terlebih tak lama lagi akan ada kejuaraan PON Provinsi. Dirinya meminta kepada semua atlet yang akan bertanding untuk giat berlatih agar kontingen dari Kabupaten Kebumen bisa meraih emas.

Komper Wardopo