blank
Dekan Fakultas Teknik USM, Dr. Purwanto, S.T., M.T memberikan sambutan dalam pembukaan Sekolah Eksekutif yang digelar BEM FT USM pada 19 Mei 2023 di Menara Prof Dr Muladi SH lantai 5. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Semarang (BEM FT USM) mengadakan Sekolah Eksekutif pada 19 Mei 2023 di Gedung Menara Prof Dr Muladi SH USM.

Kegiatan dibuka Dekan Fakultas Teknik USM, Dr. Purwanto, S.T., M.T. Dia berharap, para peserta mendapatkan wawasan yang bermanfaat untuk masa depan mereka. Pemimpin yang baik itu bisa menjadi contoh anak buah serta mampu bisa membangun team work.

“Kami berharap, ke depan BEM Fakultas Teknik bisa memberi manfaat dan menginspirasi para mahasiswa lain,” pungkasnya.

Ketua BEM FT USM, Ali Masfud mengatakan, tujuan diselenggarakannya Sekolah Eksekutif untuk menambah wawasan mahasiswa tentang kepemimpinan dan team work.

Ketua Pelaksana, Tasya Artharani mengatakan, kegiatan menghadirkan tiga pemateri yaitu M.Nova Syahrul dari seksi Dalam Negeri BEM FT 2022, Teguh Dwi Laksono (Menko Pergerakan BEM USM 2022), Nur Solikin (ketua BEM FT Unnes 2022). Kegiatan diikuti 60 mahasiswa umum dari Fakultas Teknik USM.

Pada kesempatan tersebut Nova memberikan materi dasar tentang team work. “Kelompok belum tentu sebuah tim, tetapi tim sudah pasti kelompok dan secara tidak langsung anggota tim tergabung dalam kelompok,” ujarnya.

Nova menambahkan, untuk menjadi tim yang solid antara lain mengalokasikan peran dan menggalakkan keanekaragaman karakter anggota. Selain itu, menerapkan tujuan yang spesifik, adanya kepemimpinan serta struktur.

Dalam pemaparanya, Nova membagi tips membangun tim yang solid. Menurutnya, untuk bisa menjadi tim yang solid harus memiliki intensitas komunikasi dan membuat sistem penghargaan untuk anggota yang mampu menyelesaikan tugasnya.

”Anggota tim juga harus mempunyai visi misi yang sama serta melakukan evaluasi secara rutin dan komitmen yang kuat antaranggota,” ungkapnya.

Muhaimin